ANALISIS STRATEGI BISNIS BATIK (STUDI PADA DIANA BATIK DI SEBERANG KOTA JAMBI)

  • Efni Anita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rabiyatul Alawiyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Syahrurromadhon UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Analisis, Strategi, Pembenbangan Batik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi pengembangan batik yang berada di seberang kota jambi, Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada Diana Batik. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hal wawancara dan kuesioner berkaitan dengan analisi strategi pengembangan batik. Hasil kuesioner dan wawancara akan dialisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan seluruh Diana Batik yang berada di Seberang Kota Jambi menggunakan strategi fokus (kombinasi dan cose leadership dan strategi diferensiasi), dan jenis strategi yang digunakan yaitu pewarnaan menggunakan naptol dan indigosol, inovasi motif, pemasaran dengan menggunakan media sosial dan pameran, penggunaan alat yang modem seperti canting elektrik dan kompor gas, serta inovasi motif dengan modifikan motif.

References

Arthur A. Thompson, Jr dan A. J. Strickland III, Strategic Management Concepts and Cases, hal 6
Adi, Kuncoro. 2011. Juknis SIRS. Kementerian Kesehatan RI. Dirjen Bina Upaya Kesehatan: Jakarta.
Bambang, Hariadi. (2005). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Dr. Saifuddin Azwar, 2014, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Harahap, Sofyan Syafri 2015, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.
Lexy J Moleong,2017, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Mudrajat Kuncoro,2013, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 4, (Jakarta:Penerbit Erlangga)
Muhammad Husni Mubarok,2009, Strategi Korporat dan Persaingan Bisnis dalam Meraih Keunggulan Kompetitif, Idea Press, Yogyakarta.
Rangkuti 2013 Analisis SWOT Teknis Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsono, Pudjoanto A, Gunawan D, Wahyuono S, Donatus IA, Drajad M,et al. Tumbuhan Obat, Hasil Penetilian, Sifat-sifat dan Penggunaan, Yogyakarta: UGM. 1996.
Sukanto Reksohadiprodjo, Manajemen Strategi Edisi 4, (Yogyakarta: BPFE, 2003) hal 55-56
Stephen P. Robbins dan Mary Coulter, Manajemen, (Jakarta: Indeks, 2004) hal 197
Sugiyono,2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Cetakan Ke-26 (Bandung: Alfabeta)
W. Gulo, 2002, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Grasindo)
Zainal Rivai Veithzal dkk, 2017, Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis Dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah saw. Jakarta: Bumi Aksara
Jurnal
Kasmiruddin, 2012, Analisis Strategi Bisnis Eceran Besar (Modern) (Kasus Persaingan Bisnis Ritel di Pekanbaru), Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 3, No. 1,
Muh Rijal, 2018, Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Ud. Humaerah Motor Kabupaten Bone, Makassar
Rangkuti. 2013. Pengertian Strategi. Vol. 2. No. 1. (Http://library.binus.ac.id).
Rusno, Dampak Pesatnya Minimarket Waralaba terhadap Usaha Kecil (Jenis Ritel), Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 4, No. 3, 2008.
Susilo, Sri. 2012. Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Implementasi Cafta dan Mea. UPN “Veteran” Yogyakarta. (Http://repository.upnyk.ac.id)
Willy Pratama Widharta dan Sugiono Sugiharto, Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1, 2013.
http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3034083/diakui-dunia-ekspor-batik-ri- meningkat-setiap-tahun, diunduh pada 18 juni 2019.
Published
2023-10-29
How to Cite
Efni Anita, Rabiyatul Alawiyah, & Syahrurromadhon. (2023). ANALISIS STRATEGI BISNIS BATIK (STUDI PADA DIANA BATIK DI SEBERANG KOTA JAMBI) . Journal of Student Research, 1(6), 312-326. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1811