STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN BATIK DAN SONGKET DI TOKO CIK MIA KOTA JAMBI

  • Nurul Adila UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Adiarrahman UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khairiyani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Strategi, Pengembangan Usaha, Batik, Songket

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pengembangan usaha batik dan kain songket di Toko Cik Mia Songket Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk  memahami alternative strategi pengembangan usaha batik dan songket Cik Mia, kemudian juga untuk mengetahui kendala perkembangan usaha batik dan songket Cik Mia. Adapun metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode peelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek dalam penelitian adalah toko batik dan songket cik mia. Ada beberapa tekin pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah dikumpulkan  kemdian dianalisi dengan beberapa teknik yaitu reduksi data, penyajian, kemudian verifikasi data.

Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya ada banyal strategi yang telah dilakukan oleh cik Mia untuk mengembangkan usaha batik dan kain songket cik mia salah satunya yaitu dengan rajin mempromosikan jualan baikitu melalui media social, serta sering mengikuti beberapa even. Diketahui bahwasanya even-even yang telah diikuti sudah sampai ke mancanegara. Kemudian aktif dalam kegiatan pengembangan UMKM bersama bank 9 Jambi. Untuk kendalanya didapati bahwasanya ada beberapa kendla pada pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya dalam pengelolaan tenun. Ci mia masih kewalaan untuk memproduksi kain tenun dalam skala besar karena sumber daya manusia yang bisa menenun hanya seidikit.

References

Ali Hasan, Manajemen Bisnis Syariah (Kaya Di Dunia Terhormatdi Akhirat), Yogyakarta: pustaka pelajar, 2009.
Croun Dirgantoro, Keunggulan Bersaing Melalui Proses Bisnis, Jakarta: PT Grasindo, 2002.
Dahliana, Rosmala Dewi, Novita.2022. Strategi Pengembangan Sentra Kerajinan Tenun Asma Songket Di Lamno Kecamatan Aceh Jaya. Jurnal Busana Dan Budaya. Volum. 2, Nomor. 1 Hal 32 E-ISSN: 2808-9847.
Danang Sunyoto, Teori Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ekawarna, Manajemen Badan Usaha dan Koperasi, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2010.
Fajar Nur’aini DF, Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi Yang Efketif& Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan Dan Ancaman (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020).
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis – Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21.
Giri, Dari Hasil Kajian Pengalaman Bisnis Puspo Wardoyo (Kiat Sukses MenjadiWirausaha muslim dengan Membangun jaringan Bisnis Waralaba), Medan:Baryatussalamah Art.
Hasibuan, Sayuti. Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan Non Sekuler. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2000.
Hendro, Dasar-dasar kewirausahaan, (Jakarta: Erlangga, 2011).
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Edisi Kesatu (Bandung: Alfabeta, 2019).
Wawancara Dengan Mania, Selaku Pemilik Usaha Songket Jambi Cik Mia, Tanggal Wawancara 18 Maret 2023, Pukul 11:00
Published
2023-10-29
How to Cite
Nurul Adila, Adiarrahman, & Khairiyani. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN BATIK DAN SONGKET DI TOKO CIK MIA KOTA JAMBI. Journal of Student Research, 1(6), 344-360. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1814