Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

  • Amelia Putri Zalika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Laily Ifazah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Harga karet, Pendapatan, dan Produksi

Abstract

Karet merupakan mata pencaharian utama petani di desa sarang burung darat dari 360 penduduk berdasarkan kepala keluarga. Saat ini harga karet di Desa Matang gajah yaitu Rp 6000/Kg, rendahnya harga karet ini telah terjadi sejak tahun 2014. Penelitian dengan judul “Analisis dampak penurunan harga karet terhadap pola konsumsi petani karet di desa sarang burung darat kabupaten muaro jambi”, bertujuan untuk mengetahui dampak penurunan harga karet terhadap pola konsumsi dan pola produksi petani karet di desa sarang burung darat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif  deskriftif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Landasan teori yang digunakan adalah teori konsumsi Keynes “bahwa pengeluaran konsumsi masyarakat tergantung dengan tingkat pendapatannya disposibel, dan teori produksi soekarti (1990) ”harga dan produktivitas merupakan sumber dari faktor ketidakpastiian, sehingga bila harga dan produksi berubah maka pendapatan yang diterima petani juga berubah. Berdasarkan Analisa data yang tinggi, produksi karet petani tinggi dan pendapatan juga tinggi, sehingga konsumsi sehari-hari rumah tangga mudah dipenuhi kemudian pada saat harga karet rendah, produksi petani karet rendah, dan pendapatan juga sangat rendah, sehingga konsumsi sehari-hari dirumah tangga sulit dipenuhi. Karet merupakan mata pencaharian utama yang telah lama menjadi penopang hidup rumah tangga petani di desa Sarang Burung Darat Kabupaten Muaro Jambi dengan keadaan budidaya mudah dan yang pasti memberikan pendapatan yang pasti setiap hari, maka petani karet berharap kepada pemerintah agar menaikan harga karet.

References

[1] Agung Kurniawan, M. Kes dr. Gambaran Pola Konsumsi Dan Pengetahuan Mengenai Kadargizi Pada Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Malang: Anggota IKAPI, 2021.
[2] M. Kes. Gambaran Pola Kosumsi Dan Penegetahuan Mengenai Kadargizi Pada Suku Osing Kab. Banyuwangi. kota malang: Anggota IKAPI, 2021.

[3] Rofizaardhianto. “Pengaruh Pendapatan Nelayan Perahu Rakit Terhadap Pola Konsumsi Warga Desa Surodadi Sayung Kabupaten Demak” universitas negeri semerang (2015)
[4] Agung Kurniawan, M. Kes dr. Gambaran Pola Konsumsi Dan Pengetahuan Mengenai Kadargizi Pada Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Malang: Anggota IKAPI, 2021.
[5] Alfredo Fransfali Haloho. “Pengaruh Harga Karet Terhadap Produksi Perkebunan Karet Di Provinsi Jambi” 22 (2019): hal 4.

[6] lina fatayati Syarifa. “Dampak Penurunan Harga Karet Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Petani Karet Di Sumatera Selatan” 34 (2016): 34.

[7] Muklish dab Busyra. “PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN SUBSEKTOR PERKEBUNAN DI KABUPATEN MUARO JAMBI” 03 (2019): 2–3.

[8] Rofizaardhianto. “Pengaruh Pendapatan Nelayan Perahu Rakit Terhadap Pola Konsumsi Warga Desa Surodadi Sayung Kabupaten Demak” universitas negeri semerang (2015): 15.
Published
2023-10-29
How to Cite
Amelia Putri Zalika, Anzu Elvia Zahara, & Laily Ifazah. (2023). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Journal of Student Research, 1(6), 361-382. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1818