Pengaruh Minat, dan Persepsi Pengusaha Muda Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Jambi

  • Muhaimin Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Novi Mubyarto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khairiyani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Minat, Persepsi Pengusaha Muda, Pengembangan Usaha

Abstract

Besarnya potensi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, menjadikan suatu keharusan untuk lebih di berdayakan menjadi semakin strategis sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas, penyediaan lapangan kerja yang lebih luas, dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat miskin. Usaha mikro yang merupakan bagian dari usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi perlu ditingkatkan serta dikembangkan karena menyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi permasalahan yang kemudian muncul antara lain disebabkan oleh masih rendahnya kualitas SDM pelaku industri, strategi pemasaran yang masih kurang dikuasai oleh pelaku usaha dan pendapatan didasarkan pada waktu atau lama usaha didirikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh minat dan persepsi pengusaha muda terhadap pengembangan UMKM di Kota Jambi. Menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji regresi berganda, Uji T, Uji F dan UjiĀ  Koefisien Determinasi (R Square). Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial variabel minat dan persepsi pengusaha berpengaruh terhadap pengembangan Usaha Menengah dan Keatas di Kota Jambi. Secara simultan atau bersama-sama variabel minat dan persepsi pengusaha muda memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kota Jambi.

References

Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)
Trendilmu,http://www.trendilmu.com/2015/09/pengertian.minat.dan.faktor.yang.mempengaruhi.minat.seo.html
Buku Teks
Abdul Salam, Sustainabilitas Lembaga Keuangan Mikro: Koperasi Simpan Pinjam, (Yokyakarta: Salemba, 2008).\
A.Djazuli, Fiqh Siyasah: Implementas Kemaslahatan Umat dalam Rambu-rambu Syariah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009).
Ahmad Susanto, Teori Perkembangan Ekonomi Manusia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Ronny Kuantur, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: PPM, 2007).
Syofian Siregar. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).
Sadono Sukirno, Mikro Ekonomi teori Pengantar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).
Tulus Tambunan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Indonesia, (Jakarta: LP3ES, 2012)
Published
2023-10-29
How to Cite
Muhaimin, Novi Mubyarto, & Khairiyani. (2023). Pengaruh Minat, dan Persepsi Pengusaha Muda Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Jambi. Journal of Student Research, 1(6), 418-429. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1840