PERENCANAAN DALAM ILMU PENGANTAR MANAJEMEN

Authors

  • Nizamuddin Silmi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Bambang Kurniawan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi
  • Muhamad Subhan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1899

Keywords:

Perencanaan, Pengantar Manajemen.

Abstract

 Tulisan ini bertujuan menggambarkan bagaimana pengertian perencanaan, alas an perlunya perencanaan, proses perencanaan, hubungan perencanaan, dengan fungsi manajemen lainnya, cara mendapatkan keunggulan bersaing, jenis-jenis perencanaan dan manfaat perencanaan dalam ilmu pengantar manajemen. Perencanaan merupakan suatu proses yang tidak berakhir bila rencana tersebut telah ditetapkan, rencana harus dilaksanakan dan perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas, agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru secepat mungkin dan salah satu aspek penting perencanaan adalah membuat keputusan (decision making). Perencanaan dalam arti formal merupakan suatu proses yang melibatkan penentuan sasaran atau tujuan organisasi, menyusun strategi menyeluruh untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dan mengembangkan hirarki rencana secara menyeluruh untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan. Kebutuhan perencanaan berlaku pada semua tingkat manajemen dan semakin tinggi tingkatannya, perencanaan mempunyai kemungkinan dampak paling besar atas keberhasilan organisasi. Para manjer tingkat atas sebagian besar waktunya digunakan untuk perencanaan masa depan dan strategis organisasi secara keseluruhan untuk mrekrut personalia, pengembangan teknik produksi, inovasi produk dan lain sebagainya. Manajer yang lebih rendah merencanakan untuk unitnya sendiri dan untuk jangka yang pendek. Oleh karena itu para manajer perlu memahami peran perencanaan jangka pendek dan jangka panjang dalam pola perencanaan secara keseluruhan. Jadi manajer puncak umumnya berkonsentrasi pada perencanaan jangka panjang dan setrategi organisasi, sedangkan manajer tingkat bawah berkonsentrasi pada rencana-rencana jangka pendek.

References

[1] A.M. Kadarmain SJ., Prof. DR dan Jusuf Udaya, Drs (2001): Pengantar Ilmu Manajemen, Penerbit Prinhallindo Jakarta.
[2] Biro Administrasi Kepegawaian, Karir Dan Informasi (BAKRI) Universitas Medan Area, Medan
[3] Ernest Dale, & LC. Michelon (1986): Metode-Motode Managemen Moderen, Ed. Pertama Penerbit Andalas Putra.
[4] James AF. Stoner (1992): Manajemen, Ed. Keempat, Jilid 1, Cet. Pertama Penerbit Inter Media Jakarta.
[6] James AF. Stoner, RE. Freeman dan Daniel R. Gilbert Jr. (1995): Manajemen, Jilid I, Penerbit Prinhallindo Jakarta
[7] Kartini Kartono, Dra. (1990): Pemimpin dan Kepemimpinan: apakah pemimpin Abnormal itu ?, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
[8] Karhi Nasjar, DR., S.Ak, MM dan Winardi, Prof., DR., SE. (1997): Manajemen Strategik, Penerbit Mandar Maju, Bandung.
[9] Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck (1998): Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit Erlangga Jakarta, Ed. Ketiga.
[10] L. Wheelan, Thomas and J. David Thenger (2000): Strategic Management, Printice Hall, New York, USA, 7 th, Edition
[11] Mike Johnson (2001): Managing in the Next Millennium: Peluang dan tantangan manajemen dalam milenium ketiga, Penerbit Erlangga Jakarta.
[12] Mulia Nasution (1996): Pengantar Manajemen, Rencana Penjualan Perusahaan, Penerbit Djambatan, Jakarta.
[13] Malayu SP. Hasibuan Drs (1995): Manajemen Sumber Daya Amnesia, Penerbit Gunung Agung Jakarta M.
[14] Manullang, Drs. (1996): Dasar-Dasar Manajemen, Cet. Ketigabelas, Penerbit Ghalia Indoesia, Jakarta
[15] Muhammad Abdul Mukhyi dan Imam Hadi Saputro (1995), Pengantar Manajemen Umum. Penerbit Gunadarma, Jakarta.
[16] Stephen P Robbins & Mary Coulter (1999): Manajemen, Sixth Edition Jilid 1, Penerbit Prenhallindo, Jakarta
[17] Stephen P, Robbins & Mary Coulter (1999): Manajemen, Sixth Edition Jilid 2, Penerbit Prenhallindo, Jakarta
[18] SP. Siagian, Prof. DR (2000): Manajemen Abad 21, cet. Kedua, Penerbit Bumi aksara Jakarta.
[19] Sutarto (2001), Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi, Cet.6, Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
[20] Setiawan Hari Purnomo dan Zulkiflimansyah (1996), Manajemen Strategi, Lembaga Penerbit FE-UI Jakarta.
[21] Sukanto Reksohadiprodjo, Prof., DR., M.Com. (1990): Manajemen Strategi, Ed. 2, Cet. Pertama, Penerbit BPFE Yogyakarta.
[22] T. Hani Handoko (1997): Manajemen, BPFE Yogyakarta, Ed.2. Cet. Kesebelas
[23] Usman Effendi (2011): Asas Manajemen, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
[24] https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-perencanaan/

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Nizamuddin Silmi, Bambang Kurniawan, & Muhamad Subhan. (2024). PERENCANAAN DALAM ILMU PENGANTAR MANAJEMEN. Journal of Student Research, 2(1), 106–120. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1899