PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TOKO KELONTONG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Finda Novita Adelia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Aguriandi UIN STS Jambi
  • Suhar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Keywords: UMKM, Community Welfare, Islamic Economics

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis yang menyangkut kebutuhan hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. UMKM juga merupakan salah satu sektor usaha yang mampu bertahan melalui krisis ekonomi. Selain itu, UMKM juga merupakan sektor usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor pangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi islam di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir. Pada penelitian ini metode yang digunakan kualitatif dengan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi dan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu 10 pelaku UMKM toko kelontong di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir memberikan dampak positif yaitu penghasilan yang tidak bergantung kepada orang lain dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, membantu peluang pekerjaan tanpa adanya keterbatasan pengalaman, dapat membantu pendapatan bagi keluarga sebagai mata pencaharian utama, para pemilik toko kelontong tersebut rata-rata ada bersedekah dan berinfaq, bersikap jujur sebagai pedagang sebagai upaya menerapkan nilai-nilai Islam.

References

Armaini Rambe dkk. Analisis Alokasi Pengeluaran Dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga (Studi Di Kecamatan Medan Kota, Sumatera Utara). Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2008. Vol 1. No 1.
Abidin, Ikhwan Basri. Islam dan Pembangunan Ekonomi. (Jakarta: Gema Insani Press, 2005).
Adi, Ryan Saputro. Analisis Sektor UMKM terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi D.I Yogyakarta. (Skripsi: Universitas Diponegoro, 2014).
Aedy, H., Teori dan Aplikasi Ekonomi Pembangunan Perspektif Islam Sebuah Studi Komparasi (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011),
Anoraga, Pandji, Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. (Yogyakarta: Dwi Chandra Wacana, 2017).
Anoraga,P, Manajemen Bisnis, Edisi Kedua, (Jakarta : Rineka Cipta, 2018).
Arsan Shanie dkk. "Dilematika" (Kondisi Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19). (Banten: CV Anagraf Indonesia/Graflit, 2022)
Astari, Suci. Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Langkat Dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM). (Medan, UIN Sumatera Utara, 2019).
At-Tibyan, Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an, Journal of Qur’an and Hadis Studies, Vol 3. No 1, Juni 2020.
Arsyad, L, Ekonomi Pembangunan Edisi Kelima, (Yogyakarta : UPP STIM, 2018).
Adi, I, Kesejahteraan Sosial, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2018).
Akhyak, Profil Pendidik Sukses, (Surabaya : elKAF, 2005).
Adawiyah, Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) : Studi Di Kabupaten Banyumas, Journal & Proceeding FEB UNSOED, Vol 1, No 1, 2011.
Badrudin, Rudi. Ekonomika Otonomi Daerah. (Yogyakarta: UUP STIM YKPN, 2012).
Basuki, Sulityo. Dasar-Dasar Dokumentasi. (Jakarta: Universitas Terbuka, 1996.)
Bastian, I, Sistem Akuntansi Sektor Publik, (Jakarta : Salemba Empat, 2018).
Chapra, Umer. Islam dan Tantangan Ekonomi. (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
Cahyono, B, Manajemen Pemasaran, (Jakarta : Badan Penerbit Institute Pembangunan Wiraswasta Indonesia (IPWI), 2014).
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), h. 270.
Published
2024-01-03
How to Cite
Finda Novita Adelia, Aguriandi, & Suhar. (2024). PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TOKO KELONTONG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Journal of Student Research, 2(1), 142-151. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1946