PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP SANTO PETRUS MEDAN

  • Antonius Prima Candra Malau candra Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: berpikir kreatif, pendekatan saintifik

Abstract

Tujuan penelituan ini adalah untuk mengetahui terkait pengaruh antara pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Santo Petrus Medan. Peneliti menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen atau eksperimen semu, Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, Instrument yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran penelitian, Adapun Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Normalitas, Homogenitas dan Uji hipotesis dengan sampel diambil secara acak dengan jumlah 64 siswa. Nilai signifikasi postest untuk kelas eksperimen sebesar 0,895 dan nilai signifikasi pottest untuk kelas kontrol sebesar 0,878. Kedua nilai signifikasi tersebut lebih besar dari taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal (Ho ditolak). Nilai signifikasi statistik pretest sebesar 0,0666. Sedangkan nilai signifikasi posttest sebesar 0,4311. Nilai signifikasi tersebut lebih besar dari taraf signifikasi 0,05, maka Ho ditolak yang berarti sampel berasal dari kelompok data yang homogennilai dari thitung adalah sebesar 3,250 sedangkan nilai dari ttabel pihak kanan adalah sebesar 1,695 dengan α :0,05 dan sampel sebanyak 32 . Berdasarkan hipotesis diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai dari thitung (3,250 ) ttabel (1,695) sehingga terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpkikir kreatif siswa secara signifikan.

 

Kata kunci : Saintifik, Berpikir Kreatif

References

Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan Mutu Dan Akses Pendidikan Di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei Pisa 2015.
Ajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Budi Nugroho, C., Fahinu, F., & Sani, A. (2019). Pengaruh model problem based learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir kreatif Matematik Ditinjau Dari self-efficacy SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Eksponen, 9(2), 20-26.
Dewi, M. (2018). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif Dan self esteem siswa madrasah Aliyah daar al uluum kisaran.
Dian, Wijanti. (2017) . Metode Penelitian Kualitatif, no. 17 : 43.

Durachman, D., & Cahyo, E. D. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematis Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 56.

Hermawan, S., & Hariyanto, W. (2022). Buku ajar Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif Dan Kualitatif ).
Herochandra. (2021). Belajar Dan pembelajaran.
Hosnan, M., & Sikumbang, R. (2014). In Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi kurikulum 2013. essay, Ghalia Indonesia.
Inayah, Ike. (n.d.). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Zakat Kelas X Sma Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2017/2018.
M.Ag., H. A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.
M. Andi Setiawan, M. (n.d.). Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Musfiqon, H. M. & Nurdyansah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Novtiar & Aripin, Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis MATEMATIS Dan Kepercayaan Diri siswa SMP Melalui Pendekatan open ended 2017)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Prihadi, B. (2014). Penerapan Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik.
Sibuea, A.R. & Sukma, E. (2021). “Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli.” Journal of Basic Education Studies volume.4(1): h. 2347.
Sri Nurhayati, A. (2016). Mengintegrasikan tik Ke dalam pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 29.
Sukroyanti, Azmi, B., & Sufianti, I. (2017). “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika 5(2): 36.
Sumana, Adi. (2022). Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP tahun pelajaran 2021/2022
Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir kritis matematis Pada Siswa SMP negeri 2 merauke. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789.
Widiani, Tresia, M Rif’at, dan Fadhilaturrahmi. (2016). “Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 5(1): 1–14.
Yudha, C. B. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1–36. doi:10.36456/buanamatematika.
Published
2024-01-03
How to Cite
candra, A. P. C. M. (2024). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP SANTO PETRUS MEDAN. Journal of Student Research, 2(1), 132-141. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2211