Pengaruh Kepercayaan, Karakteristik Konsumen Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy Di Kota Bima

  • Roy Romansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
Keywords: Trust, Consumer Characteristics, Motivation, Purchase Decision

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of trust, consumer characteristics and motivation on purchasing decisions for Honda Scoopy in Bima City. This type of associative research with primary data in and sourced from the research instrument in the form of a Likert-scale questionnaire so that the type of data used is quantitative data. The research population is all consumers who have bought a Honda Scoopy in the city of Bima, the exact number of which is not known. The sample of this research was 96 respondents using purposive sampling technique. data collected by observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classic assumption test multiple regression, multiple correlation coefficient, t test and f test. The results showed that trust, consumer characteristics and motivation had a significant effect on purchasing decisions for Honda Scoopy in Bima City.

References

Anwar, R. N., & Aprilia, L. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85.
Aprilia, A., Ramadhani, S., & Aslami, N. (2022). Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup an Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Facebook Marketplace: Economic Reviews Journal, 2(1), 1–27.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.
Bilondatu, M. R. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 710–720.
Budiman, A. R., Irfani, A., & Abdurrahman, D. (2018). Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan pada Pt . Pln ( Persero ) App Trans-Jbt Karawang ( Area Pelaksana Pemeliharaan Karawang Base Camp Karawang ) . Prosiding Manajemen, 4(2), 1303–1308.
Canestren, I. A. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. Jornal Of Business Management Education, 6(1), 1–20.
Fandi, & Juwita, R. (2022). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Kepercayaan Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Netflix Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 142–150.
Ghozali, I. (2013). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universiiats Diponegoro.
Kaunang, M., Sepang, J., & Rotinsulu, R. (2015). Analisis Pengaruh Motivasi, Konsumen, Persepsi, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 585–597.
Kertayoga, I., Desfaryani, R., & Irawati, L. (2023). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Intensitas Pembelian Madu Suhita. Journal of Food System and Agribusiness, 7(1), 13–20.
Khairawati, S. (2015). Pengaruh Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu di Kota Yogyakarta). At-Tauzi: Islamic Economic Journal, 2(1), 1–12.
Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Erlangga.
Mauliansyah, R. (2015). Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 4(1), 317–328.
Mutiara, V. (2021). Pengaruh Beban Kerja , Lingkungan Kerja , Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Provinsi Riau. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), 250–260.
Naashir, M., Istiatin, I., & Hartono, S. (2016). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelia Sepeda Motor Pada Dealer Honda Astra Motor Palur. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 80–87.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Norrahmiati. (2020). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 150 Pada Dealer Honda Di Banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 94–105.
Novriansyah, Y., Asman, M., & Isman. (2022). Kepercayaan Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Klx Di Kabupaten Merangin. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 210–218.
Octavia, A. C. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Di flaminggo collection. Jurnal Edunomika, 5(2), 1–17.
Purba, A. P. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Pertalite. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 1–27.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Sofuwan, T. M., & Nurrahmi, M. (2015). Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada PT Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–14.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, D. U. (2018). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” Di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), .30-37.
Wibowo, H. M., & Sumiati. (2017). Pengaruh Motivasi Pembelian Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2), 1–14.
Published
2023-10-29
How to Cite
Roy Romansyah, & Amirulmukminin. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Karakteristik Konsumen Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy Di Kota Bima. Journal of Student Research, 1(6), 430-446. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.2243