Dampak Strategi Ice Breaking terhadap Motivasi Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VII di MTs Darul Hikam Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2375Keywords:
ice breking, motivasi belajar, pembelajaran bahasa arabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh strategi ice breaking terhadap motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Darul Hikam Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Racangan penelitian ini menggunakan rancangan desain Intact–Group Comparison. Dengan menggunakan desain eksperimental, penelitian ini mengungkapkan dampak signifikan dari strategi ice breaking terhadap motivasi siswa, sebagaimana terlihat dari hasil uji-t independent samples (Sig = 0,000). Penolakan hipotesis nol (H0) demi hipotesis alternatif (H1) menegaskan perbedaan substansial dalam motivasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan ini menekankan peningkatan motivasi yang dipermudah oleh sifat menghibur dan merangsang dari pendekatan ice breaking sepanjang proses pembelajaran. Melampaui konteks langsung instruksi bahasa Arab, korelasi ini menunjukkan potensi strategi tersebut sebagai alat pedagogis yang dapat diterapkan lintas disiplin dan tingkat pendidikan. Implikasi dari penelitian kami melampaui konteks langsung pembelajaran bahasa Arab di MTs Darul Hikam. Korelasi positif antara strategi ice breaking dan motivasi siswa menunjukkan potensinya sebagai alat pedagogis yang dapat diterapkan secara luas. Pendidik lintas disiplin dan tingkat pendidikan dapat memanfaatkan temuan ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan memotivasi. Selain itu, penelitian ini mendorong penelitian masa depan untuk mengeksplorasi dampak yang rumit dari strategi ice breaking terhadap motivasi dalam konteks linguistik dan budaya yang berbeda, berkontribusi pada diskursus terkini mengenai praktik pembelajaran bahasa yang efektif.
References
Annisa, A., & Syahrizal, T. (2019). The Implementation of Ice Breakers Toward Improvement Students’ Motivation in Learning English at Software Engineering in SMK TI Garuda Nusantara Cimahi. Project: Professional Journal of English Education, 2(6), 913–918.
Arif, M. (2019). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisan: Jurnal Bahasa & Pengajarannya, 4(1), 44–56. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/605
Arifin, Z., Hania, I., Sofa, F., Utami, S., & Nurinadia, P. (2022). The Development of CEFR-Based Nahwu and Shorof Learning Evaluation in Madrasah Aliyah in Cirebon. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2), 167–182. https://doi.org/10.22219/jiz.v5i2.21610
Ayu, C., Permata, M., Kristanto, Y. D., & Artikel, I. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279–291. https://doi.org/10.33603/JNPM.V4I2.3877
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., … Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Febianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063
Monica, A. (2020). Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 344–360. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V1I3.168
Parastuti, I. (2021). Increase Student Activity And Motivation In Learning With Ice Breaking. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4. https://doi.org/doi.org/10.20961/shes.v4i6.70559
Pertiwi, A., Idris, M., & Irawan, D. B. (2023). Persepsi Siswa Pada Giat Ice Breaking Dalam Pembelajaran IPS di Kelas V sekolah Dasar Negeri 24 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7495–7507. https://doi.org/doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3011
Pujiarti, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30–35. https://doi.org/doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113
Puspawati, G. A. M., & Karismanata, G. M. (2022). Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Budaya Siswa Kelas XII di SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2). Retrieved from https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/12
Putri Cahyani, E., Dwi Wulandari, W., Eti Rohaeti, E., Yusnita Fitrianna, A., & Siliwangi, I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/NUMERACY.V5I1.309
Ridwan, M. (2022). Pengembangan Video Ice Breaking Berbasis 3N (Niteni, Nirokke, dan Nambahi) Pada Pembelajaran Tematik. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 59–65. https://doi.org/doi.org/10.56393/kognisi.v1i4.515
Rosmayanti, R.-R., & Kosim, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Arab Melalui Cooperative Learning Tipe Tebak Kata. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 31–44. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3523
Rusman, K. B. (2022). Implementation and Benefits of Learning through Ice Breaking. International Linguistics and TESOL Journal, 1(1). Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/iltes/article/view/5785
Santoso, T. N. B. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Sebagai Sistem Informasi Alternatif Ice Breaking Pembelajaran Di Masa Pandemi. Ecodunamika, 4(1). Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/5256
Sari, R. M. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Sasan, J. M. V., Tugbong, G. M., & Alistre, K. L. C. (2023). An An Exploration Of Icebreakers And Their Impact On Student Engagement In The Classroom. IJSSR: International Journal of Social Service and Research, 3(11). https://doi.org/doi.org/10.46799/ijssr.v3i11.566
Septiani, E., Erni, E., & Izzatika, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 31–38. https://doi.org/10.23960/PDG.V9I1.23169
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA : PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. Jurnal Kajian, 22(2).
Sinaga, J. S., Suryati, S., & Syaflita, D. (2023). Implementasi dan Manfaat ICE-Breaking pada Proses Pembelajaran di SMP Negeri 11 Pekanbaru. JAP: Jurnal Armada Pendidikan, 1(1), 1–5. https://doi.org/doi.org/10.60041/jap.v1i1.6
Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2). https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Yanti, R., & Putri, D. N. (2020). Penerapan Ice Breaker dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema 8 Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Salolo Kota Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/doi.org/10.30605/cjpe.322020.627
Yulianti, E., & Eka, S. (2021). Penerapan Disiplin Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145–158.
Zakiatunnisa, Sukma, D. A., & Faidah, M. N. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Aran dan Solusinya Bagi Non-Arab. Prosding SemnasbanaIV UM Jilid 2, 4(2), 489–498.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.