Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2698Keywords:
Komunikasi, Model, Kooperatif, Eksperimen, Perbedaan.Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write serta model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T. A 2023/2024. Pada penelitian ini seluruh kelas XI dijadikan populasi, kemudian dipilih dua kelas acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II untuk dijadikan sampel. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Intrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa post-test berbentuk essay yang sudah divalidasi. Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,57 sedangkan kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata post-test 77,21. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa data post-test telah berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan thitung (4,648)>ttabel (1,998). Oleh karena itu H0 ditolak sedangkan Ha diterima sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
References
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. Cermin : Jurnal Penelitian. 5(1): 114-115.
Alwi, N., Fauzi, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Think Talk Write pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 27 Medan. Jurnal Inspiratif. 3(2): 55.
Amami, S., Wahyudin & Nurlaelah, E. (2021). Kemampuan Komunikasi Digital Matematis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Ansari, B. (2016). Komunikasi Matematik : Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNa.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cahyani, N., Putu, M., Dantes, N. & Rati, N. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4(3): 363-364.
Eka, H., Muqodas, I., Adi, M., Abdulloh, A., Shandra, A. & Aulia, L. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Farid, M., Umardiyah, F. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Pembelajaran Matematika. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Ginting, G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Swasta Imelda Medan. Medan: Skripsi Program Sarjana Matematika Universitas Negeri Medan.
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Manurung, C., Manurung, N. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yanga Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Model Pembelajaran Koopetaif Tipe Think Pair Share di Kelas VIII SMP Negeri 3. Jurnal Inspiratif. 3(2): 89-90.
Murwatiningsih, E., Wahyudi., Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Model Think Talk Write dan Think Pair Share Terhadap Peningkatakn Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Inspiratif. 35(1): 51.
Ngalimun. (2017). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Perama Ilmu.
Ngalimun. (2019). Komunikasi Pembelajaran: Menjadi Guru Komunikatif. Yogyakarta: Perama Ilmu.
Nurdyansyah. & Faryatul. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pasaribu, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas IX SMP Negeri 5 Garoga T.A 2016/2017. Medan: Skripsi Program Sarjana Matematika Universitas Negeri Medan.
Ramadhani, S. & Zulhayana, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK Swasta Napsi’ah Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika. 2(12): 88-89.
Risdiana, S. (2016). Pembelajaran Saintifik Pada Matematika. Yogyakarta: Harfeey.
Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujana, A. & Wahyu, S. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Tampubolon, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas X MAN 4 Martubung Medan. Axiom. 7(1): 6-8.
Zubaidah, A., Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.