Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Tg. Tiram
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2699Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 10 dari 29 siswa (34,48%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 19 siswa lainnya (65,51%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 63,62. Dari kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 26 dari 29 siswa (89,65%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 3 siswa lainnnya (10,35%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 86,37. Berdasarkan target keberhasilan klasikal (≥85%) maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram.
References
Astuti, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(1): 79-89.
Harahap, E. R. & Surya. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan 6 Mei 2017 (h. 268-279). Medan: Program Studi Pendidikan Matematika, UNIMED.
Herlina, D., Nelson, Z. & Irma, A. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 54-60.
Indriana, L. & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3): 541-552.
Kusumahati, R. & Kosasih, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. UJMES, 1(2): 1-10.
Meliyani, N. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika dan Solusi Alternatif di SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio, 7(4): 1718-1723.
Mulyani, M., Aripin. & Arhasy, E. A. (2020). Kemampuan Koneksi Matematik Peserta Didik Ditinjau dari Tingkat Kreativitas dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2): 181-190.
NCTM. (2020). Standards for The Preparation of Secondary Mathematics Teachers. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
PISA. (2018). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. Paris: OECD Publishing.
Rianti, R. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4): 802-812.
Sabariah. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMED: Medan