ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

  • Cahya Kesya Br Limbong Universitas Negeri Medan
Keywords: Kesulitan, Pemahaman Konsep, Pemahaman Prinsip, Pemahaman Prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep, prinsip, dan prosedur dalam penyelesaian soal pada materi perbandingan siswa.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sunggal. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan cara memberikan tes kepada 33 siswa kelas VIII-8, lalu dilakukan pemilihan 6 siswa berdasarkan perolehan nilai tes siswa masing-masing 2 siswa per kategori. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu 1) pada pemahaman konsep siswa mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep perbandingan dengan bahasa sendiri, kesulitan dalam menyatakan konsep perbandingan dalam representasi matematis, serta kesulitan dalam membuat contoh dan bukan contoh perbandingan  serta kesulitan dalam mengklasifikasikan bentuk perbandingan pada cerita 2) pada penahaman prinsip, siswa mengalami kesulitan yaitu tidak mampu dalam mengubah soal menjadi bentuk model matematika atau pemisalan dengan tepat, dan masih terdapat informasi yang tidak lengkap dan jelas pada model, kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal serta, siswa kesulitan dalam menghitung jawabannya, 3) pada pemahaman prosedur, siswa kesulitan dalam menggunakan rumus dan langkah penyelesaian yang tidak tepat, kesulitan dalam membuat strategi yang benar.

 

Author Biography

Cahya Kesya Br Limbong, Universitas Negeri Medan

Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika

References

Alawiya, T., Dinar, M., & Asdar, A. (2022). Deskripsi Pemahaman Konseptual dan Prosedural pada Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 1. https://doi.org/10.35580/imed32210
Haryono, D. (2014). Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis: Filsafat Math. Bandung: Alfabeta.
Izzati, M., Sholikhakh, R. A., & Suwandono, S. (2021). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Pada Proses Pembelajaran Matematika Selama Pandemi Covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4),2406. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4179
Juniawan, E. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dyscalculia Dalam Menggunakan Konsep Matematis Di Lihat Dari Kesalahan Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 269–286.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.
Muzaini, M., & Muhammadiyah Makassar, U. (n.d.). The Analysis of Students’ Difficulties in Solving Systems of Linear Equation Problems in Two Variables.
https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/405
Razak, F., A. Yunarni., dan St Aminah. (2022). Deskripsi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Di SMA Negeri 3 Pangkep. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (45-58), 3(1)
Sari, N. M., & Kesulitan, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika (Vol. 3, Issue 1). Online.
Simamora, Y., Sinaga, B., & Yus, A. (2022). Analysis Difficulty Understand The Mathematical Concept of Integers Viewed from the Metacognitive Abilities of Class VII Students of Private Junior High Schools Dwiwarna Medan. Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324523
Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227
Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018.
Tanjung, D. S., & Herawati, S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika  Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. universitas bung hatta.
Published
2024-01-17
How to Cite
Limbong, C. K. B. (2024). ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Journal of Student Research, 2(2), 17-30. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2702