Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Medan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2777Keywords:
Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Konvensional, Numbered Head Together.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen yang di SMP Negeri 16 Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dan VIII-2 sebagai keas kontrol yang diajari dengan menggunakan model konvensional. Intrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 3 butir berupa uraian, lembar observasi keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t-test independent dengan berbantuan SPSS 22. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan ????ℎ???????????????????? = menunjukkan bahwa ????ℎ???????????????????? > ????tabel 1,699127 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, (2) hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuntas secara individu dan klasikal dengan persentasi 87,5%, keterlaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik dengan rata-rata 3.605 sementara aktivitas dan respon siswa berada dalam kategori aktif dan positif dengan rata-rata 85.41% dan 79.75%. sehingga model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang diberi model pembelajaran konvensional.
References
Handayani, N. N. L. (2022). Buku Ajar Ilmu Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran. Surabaya : CV. Pena Persada.
Musdalipa, dkk. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Solok : CV Mitra Cendikia Media.
Nurjanah, H & Nia, (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). Volume 2 (1) : 89 – 95
Rahman, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Volume 2 (1) : 1-8.
Sultan. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC). SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika). Vol.12 (1). Juni 2020: 23-35.
Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan masalah matematis, Yogyakarta : Sanata Dharma Unniversity Press. Handayani, Kartika, 2017, Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan PemecahanMasalah Soal Cerita Matematika, SEMNASTIKAUNIMED, ISBN: 978-602-17980-9-6, hal 325-330.
Zainuri, T., Abdur R.A., I Made S. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Tahun 2016 “Pengembangan Profesionalisme Guru Dan Dosen Indeonesia. ISSN : 2502-8723. Hal 394-403