Systematic Literature Review: Pengaruh Penggunaan Software Cabri 3d Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3074Keywords:
Cabri 3D, Learning Maths, SoftwareAbstract
Cabri 3D is a computer device is a medium of learning mathematics. This research aims to examine and determine the effects that arise in learning mathematics by utilising the use of Cabri 3D software. This research method is Systematic Literature Review (SLR). Data were collected through selecting 10 journal articles related to the use of Cabri 3D in learning mathematics using Google Scholar, Research Gate, SINTA and Garuda in the 2019-2023 time span. The results showed that there was an effect of Cabri 3D software in learning mathematics on improving the ability of concepts, understanding, reasoning, spatial, representation, mathematics knowledge competence and learning motivation of students.
References
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.
Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis melalui tugas open-ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 247-258.
Ariani, Y., & Marwan, M. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Menengah Dengan Menggunakan Software Cabri 3d. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(1, April), 1-12.
Ariani, Y., Johar, R., & Marwan, M. (2019). Penggunaan Software Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang, 7(2), 11-21.
Budiman, Hedi. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D. In Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi, Universitas Terbuka, Jakarta
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hariyati, R. T. S. (2010). Mengenal systematic review theory dan studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2), 124-132.
Hendriana, B. (2017). Aplikasi Komputer ‘Mengenal Software Matematika’. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Hikmah, R., Rezeki, S., & Tama, B. J. (2019). Penggunaan Cabri 3D terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2).
Kitchenham, B. A., Mendes, E., & Travassos, G. H. (2007). Cross versus within-company cost estimation studies: A systematic review. IEEE Transactions on Software Engineering, 33(5), 316-329.
Maarif, S. 2015. Pembelajaran Geometri Berbantu Cabri 2 Plus. Bogor: In Media
Novenda, K. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 264-271.
Purba, J. T., Tambunan, L. O., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cabri Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 668-680.
Rezeki, S., Tama, B. J., & Hikmah, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Penggunaan Cabri 3D. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Sembiring, N. B., & Surya, E. (2023). Implementasi Software Cabri 3d Sebagai Alat Ukur Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Geometri (Bangun 3d).
Sinaga, C. V. R., & Sijabat, A. (2023). Implementasi Software Cabri 3D terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Journal on Education, 5(3), 10690-10697.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran online Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108.
Tama, B. J., Rezeki, S., & Hikmah, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Cabri 3D. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 38-43.
Ulya, N., Aziz, A., & Pratama, L. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Program CABRI 3D Dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 413-417.
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton.