Pengaruh Beban Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru (Literature Review)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3163Keywords:
Workload, Work Discipline, Teacher PerformanceAbstract
Teachers are tasked to realizing educational goals. Therefore, optimal teacher performance will always be needed in every school, so that the school's vision, mission and educational goals can be achieved. Teacher performance is influenced by many factors. Among them are workload and work discipline. The aim of this research is to determine the effect of workload and work discipline on teacher performance. This research uses a literature review, several articles identified using descriptive and exploratory analysis by comparing the results of each study. The research results show that 1). workload and work discipline have a positive and significant effect on teacher performance 2). Workload has a negative and significant effect on teacher performance if supported by other variables 3). Work discipline has a negative and significant effect on performance due to the need for communication between leaders and teachers.
References
Anoraga, P. (2017). Manajemen bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Ellyzar, N. (2017). Pengaruh mutasi kerja, beban kerja dan konflik interpersonal terhadap stress kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan BPKP perwakilan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, 1(37).
Fahmi, I. (2017). Manajemen sumber daya manusia: Teori dan aplikasi (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, S. H., & Munasib, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/download/5042/4644
Hasibuan. (2016). Manajemen sumber daya manusia (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Jalil, A. (2019). Pengaruh beban kerja, stress kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Islam, 1(2). https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.14.117-134
Jayanto, S., Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh kompensasi, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Jayaloka Kabupaten Musi Rawas. Adminika, 6(1), 83-91. https://journal.poltekanika.ac.id/index.php/adm/article/view/153
Koesomowidjojo, S. R. M. (2017). Panduan praktis menyusun analisis beban kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Mangunegara, A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muntasir, & Win, K. (2022). Analisis kajian kinerja guru berdasarkan kedisiplinan, fasilitas kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja (Studi kasus: Guru SMK Negeri se-Kabupaten Bireuen). Indomera: Jurnal Magister Manajemen, 3(5). https://doi.org/10.55178/idm.v3i5.233
Parman, M., Nujum, S., & Su’un, M. (2020). Effect of competence, compensation, discipline of work, work environment satisfaction and performance of employees in construction in the city of Pare-Pare. Journal of Business and Management, 22(2), 56-63. https://doi.org/10.9790/487x-22020353633
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Presilawati, F. (2016). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Visioner dan Strategis, 5(2), 83-94. https://doi.org/10.37598/jimma.v6il.506
Rindyantama, A. F., & Astuti, R. J. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan, loyalitas karyawan, dan beban kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada guru dan karyawan UPT SMAN Nawangan Pacitan). Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 8(1). https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3927
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rokhman, A., & Supriyoko. (2020). Analisis kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari kompetensi manajerial kepala sekolah, disiplin kerja guru, dan kompensasi. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 482. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6788
Sardiman, A. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, R. M., & Luturlean, B. S. (2022). Pengaruh beban kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (Studi di Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2). https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.297
Suherman, A. (2021). Pengaruh kompetensi, kompensasi, disiplin kerja terhadap kinerja guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 18(3), 614-629. https://jmbr.ppm-school.ac.id/index.php/jmbr/article/view/228
Sunarso, S., & Kusdi, K. (2012). Pengaruh kepemimpinan, kedisiplinan, beban kerja dan motivasi terhadap kinerja guru sekolah dasar. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi.
Tarwaka. (2015). Ergonomi industri: Dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja. Surakarta: Harapan Press.
Thaief, I., Baharuddin, A., Priyono, & Indrus, M. S. (2015). Effect of training, compensation, and work discipline against employee job performance: (Study in the office of PT. PLN (Persero) Service Area and Network Malang). Review of European Studies, 7(11), 23-33. https://doi.org/10.5539/res.v7n11p23
Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zulkarnaen, W., Suwarna, A., & Illanisa, N. (2019). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung. SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Riviu, 1(3). https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/download/235/81/