Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Channel Youtube Arab Podcast

  • Ida Alinda Fathonah Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Wonosobo
  • Abdul Majid Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Chairani Astina Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Keywords: Arab Podcast, Content Concept, Learning, Arabic Language

Abstract

In this modern era, technology plays a crucial role in facilitating learning and enhancing understanding of academic material. This study focuses on Arabic language learning through the YouTube channel Arab Podcast, particularly on the video content of the book "Takalam Al-Arabiyah Volume 1". The research aims to provide a comprehensive overview of Arabic language learning through this channel, to understand the concept of content presentation, and to assist individuals in learning Arabic more easily. The study employed a qualitative literature review method with content analysis and discourse analysis techniques. Findings indicate that Arab Podcast not only serves as an effective learning resource but also fosters an active learning community through interactions in the comment section and positive feedback. By employing the As-Sam’iyah As-Syafahiyah presentation method and communicative approach supported by direct methods, systematically presented videos help learners understand and apply the material effectively, thereby creating an interactive and supportive learning community.

References

Abdul Manab, Penelitian Pendidikan (Cet.I; Yogyakarta: Kalimedia, 2015)

Ahmad Tanzeh, Metode Penelitian Praktis (Cet.I; Yogyakarta: Teras,2011)

Ahmad, Jumal, ‘Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis)’, Research Gate, 5.9 (2018), 1–20

Amin, Bani, ‘Konsep Pengajaran Maharah Al Kalam Pada Tingkat Pemula’, Jurnal Seumubeuet, 2.1 (2023), 39–48

Aprilyada, Gea, Muhammad Akbar Zidan, Nurlia Nurlia, Risna Adypon Ainunisa, and Widi Winarti Widi, ‘Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas’, Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1.2 (2023), 165–73

Arafat, Gusti Yasser, ‘Membongkar Isi Pesan Dan Media Dengan Content Analysis’, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17.33 (2018), 32–48

Arif, Ernita, and Elva Ronaning Roem, ‘Pemanfaatan Media Sosial’, Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3.1 (2019), 34–44

Arrobiah, Ummul Fadhilah, Wahyu Hanafi Putra, and Kunti Nadiyah Salma, ‘Program Tasyji’al-Lugah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Inggris Di SDMT Ponorogo’, Al-Lahjah, 5.2 (2022), 48–54

Asfar, A M, and A M Irfan, ‘Analisis Naratif, Analisis Konten, Dan Analisis Semiotik’, Bone, 15 (2019)

Baroroh, R Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati, ‘Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9.2 (2020), 179–96

Baso, Sarah Mutia Mutmainnah, ‘BAHASA ARAB BAHASA AL-QUR’AN’ (December, 2019)

Budiman, Agus, and Moh Al-Ahyar, ‘Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.6 (2022), 5827–32

Darkun, Muhammad, ‘Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, An Nabighoh, 21.01 (2019), 77–92

Falahudin, Iwan, ‘Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran’, Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1.4 (2014), 104–17

Fathoni, Muhamad, ‘Pembelajaran Maharah Istima’’, Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.1 (2018), 199–218

Febriana, Risqi, ‘MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH’

Festiawan, Rifqi, ‘Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran’, Universitas Jenderal Soedirman, 11 (2020)

Fitriani, Yuni, ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital’, JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5.4 (2021), 1006–13

Furoidah, Asni, ‘Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2.2 (2020), 63–77

Hamad, Ibnu, ‘Lebih Dekat Dengan Analisis Wacana’, Mediator: Jurnal Komunikasi, 8.2 (2007), 325–44

Hayatunnisa, St, and Hanafi Hanafi, ‘Penerapan Media Aplikasi Fun Easy Learning Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Di Mts Darul Jalal’, Journal on Education, 6.2 (2024), 13196–205

Herwibowo, Yudhi, You Tube (Bentang Pustaka, 2008)

Hidayatullah, Andi Nurul, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MA. PP. Yasrib Soppeng’, Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 9.1 (2021), 23–31

Imron, Kristina, ‘Analisis Kesalahan Morfologi Dan Sintaksis Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Fatah Palembang’, in Proceedings of International Education Conference, 2021, I, 19–27

Indriyanti, Novia, and Ulul Azmi, ‘PENGEMBENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI’, Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 6.1 (2022), 105–13

Lutfiyatun, Eka, ‘Optimasi Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Dengan Media Youtube’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7.1 (2022), 1–14

Mahmudah, Siti, ‘Media Pembelajaran Bahasa Arab’, An Nabighoh, 20.01 (2018), 129–38

Manan, Abdul, and Ulyan Nasri, ‘Tantangan Dan Peluang Pendidikan Bahasa Arab: Perspektif Global’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9.1 (2024), 256–65

Mappasere, Stambol A, and Naila Suyuti, ‘Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif’, Metode Penelitian Sosial, 33 (2019)

Mufidah, Nuril, ‘Pengajaran Bahasa Arab Menyenangkan Dengan Media Lagu Untuk Madrasah Ibtidaiyah’, Al-Mudarris: Journal Of Education, 2.2 (2019), 166–85

Muksalmina, M H, ‘BAB 4 KAJIAN PUSTAKA & KERANGKA TEORITIS PENELITIAN HUKUM’, Metodologi Penelitian Hukum, 37 (2023)

Mulyadi, Rahmat, and Yayat Ruhiat, ‘Pengembangan Konten Materi Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Prezi Video’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7.1 (2022), 18–27

Muradi, Ahmad, ‘Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia’, Jurnal Al-Maqayis, 1.1 (2013)

Muzammil, Ahmad, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Radio Dan Televisi’, TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3.1 (2023), 124–37

Nidak, Khoiru, and Maziyyatul Muslimah, ‘Efektivitas Penerapan Buku Metode Takallam Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas VIII MTsN 3 Blitar’, Al Wasil, 1.1 (2023), 50–63

Nugrawiyati, Jepri, ‘Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6.1 (2018), 97–111

Permana, Belva Saskia, Lutvia Ainun Hazizah, and Yusuf Tri Herlambang, ‘Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi’, Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4.1 (2024), 19–28

Prananingrum, Afiffah Vinda, Ikhwan Nur Rois, and Anna Sholikhah, ‘Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6.6 (2020), 303–19

Rathomi, Ahmad, ‘Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Tarbiya Islamica, 8.1 (2020), 1–8

Ridho, Ubaid, ‘Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, An Nabighoh, 20.01 (2018), 19–26

Ridwan, Agung, ‘Peranan Media Podcast Untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa MAN 1 Pekalongan’

Ridwan, Muannif, A M Suhar, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad, ‘Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah’, Jurnal Masohi, 2.1 (2021), 42–51

Rifa’i, Ahmad, ‘Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2021, 60–74

Rukmantara, Rachel Aziza, and Septi Gumiandari, ‘Penggunaan Audio Visual Youtube “Arabic Podcast” Pada Pembelajaran Maharah Kalam Di SMA Muhammadiyah 4 Depok’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.5 (2022), 2459–66

Ruswan, Acep, Primanita Sholihah Rosmana, Najayanti Najayanti, Mufidatul Husna, Ica Nurhikmah, Sani Irsalina, and others, ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.1 (2024), 97–105

Sapri, Sapri, Amanda Malika Nasution, Dewi Chairunnisa Siregar, Farrah Adli Shakila, Muthia Fadilaturrizqi, Rahma Alia, and others, ‘Persepsi Generasi Z Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di MI’, Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2.1 (2024), 42–50

Sholihah, Euis, Adi Supardi, and Irpan Hilmi, ‘Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 3.1 (2022), 33–42

Suroiyah, Evi Nurus, ‘Manfaat Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’(Mendengar)’, Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2020), 16–26

Syahid, Ahmad Habibi, ‘Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native)’, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2.1 (2015), 86–97

Syaifullah, Muhammad, and Nailul Izzah, ‘Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab’, Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3.1 (2019), 127–44

Umbar, Kisno, Hanna Tiara Lestari, Hikmad Karunia Suharso, and Fardan Hanif Hafawah, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube: Studi Di Channel Arab Podcasts’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5.2 (2023), 917–25

Zaini, Hisyam, ‘Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif’, An Nabighoh, 19.2 (2017), 194–212

Published
2024-06-28
How to Cite
Ida Alinda Fathonah, Abdul Majid, & Chairani Astina. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Channel Youtube Arab Podcast . Journal of Student Research, 2(4), 176-197. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3166