Penerapan Metode Imla’ Dengan Buku Hayya Nata’allamu Imla’ Untuk Meningkatkan Penguasaan Maharah Kitabah Santri Kelas VIII Program Tahfidz SMP PPTQ Al Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3167Keywords:
Imla’, Maharah KitabahAbstract
For pupils, education is a lifelong process that ends when they develop into adults. Arabic language classes, which cover hearing, speaking, reading, and writing, are offered at religious education institutions ranging from elementary schools to universities. For pupils in class 2 of the PPTQ Al-Asy'ariyyah junior high school Tahfidz program, Kalibeber Wonosobo, the author restricts the issue of adopting and refining maharah kitabah learning utilizing the Imla' technique with the book Hayya Nata'allamu imla'. Unlike trials where the researcher is the primary instrument, this research uses it to investigate the circumstances of natural objects. Two methodologies were used in the research: experiments using both qualitative and quantitative methods.
References
Abdurahman, Maman dkk. 2011. Dasar-dasar Metode Statistik Untuk
Ahamd, Beni Saebani.2008. Metode Penelitian, Bandung: CV Pustaka Setia.
Andriani, Asna. 2015. Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan islam. Tulungagung: Jurnal Ta’aallum, IAIN Tulungagung.
Anonim. Uji Normalitas Gain, / 2011/01. Biologipedia. Html.
Arifin, Zainal.2012. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Arifin, Zainal.2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arsyad , Azhar. 2004. Bahasa Arab dan metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azizah, 2022. “penerapan metode imla’ al-ikhtibari dalam meningkatkan kompetensi menulis bahasa arab pada siswa kelas x dayah terpadu al-muslimun”. Al- Madaris 03, no 2.
Azwar,Saifuddin.2011. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.
Effendy, Ahad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Fadhilah Nur Amaliya . Penerapan metode imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa arab siswa kelas v mi muhammadiyyah lumajang,Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2020
Hamid, Abdul. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press.
Hasani Fahmy Zhul. Penerapan metode imla’ untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas vii c MTs Muhammadiyyah 02 Pemalang. Skripsi sarjana fakultas Bahasa dan Seni UNS, Semarang, 2013
Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huwairini Nashrul, 2001. Qawa’idul al-imla’. Bairut: Muassasah Al- Risalah.
Keywords: Imla', maharah kitabah
Kuraedah Sitti. 2015. “aplikasi maharah kitabah dalam pembelajaran bahaa arab”. Al- Ta’dib 08 No 2.
Kuswanto, Dedy.2012. Statistik untuk Pemula dan Orang Awam. Jakarta: Niaga Swadaya.
Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras.
Munjiah, Ma’rifatul. 2009. Imla’ teori dan terapan. Malang: UIN Malang Press.
Nabawi Aziz Abdul, Husein Ahmad. 1987. “Al-Asas fi al-lughah al-arabiyah” .Kairo: Al- shadru li khidmati al-thiba‟ah.
Ni’mah Mamlu’atul, 2012.Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press.
Ni’mah, Khairun. implementasi media paparan mahir bahasa arab dalam pembelajaran maharah kitabah. Lamongan: UNISDA Lamongan
Nurgiyanto, Burhan. 2008. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sadiman S. Arief. 2008. Media Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Subana, dkk,. 2015.Statistika Pendidikan. Jawa Barat: CV Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono,2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi,2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offser.
Syaodih, Nana Sukmadinata.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana UPI: Remaja ROSDAKARYA.
Tamsir. Pembelajaran Bahasa arab di madrasah, Jambi: jurnal Stai Ma’arif
Toha, M.Anggoro,dkk.2011. Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.