Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Ruly Budiyanto IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Model Pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar.

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah  terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri Mereka diberi kebebasan dalam menyelesaikan berbagai tugas tersebut, namun harus bertanggung jawab akan kebersihan setiap anggota kelompoknya dalam memahami informasi yang diberikan.  Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui  penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam meningkatkan Prestasi Belajar PAI  Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung  Tahun Pelajaran  2021/2022. Metode yang dipakai untuk melakukan penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.  Prosedur pengumpulan datanya adalah metode tes dan observasi. Dari metode observasi diperoleh data untuk mengamati sejauhmana penerapan model  pembelajaran berbasis masalah dan interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung sebagaimana ditetapkan selama penelitian.  Dari metode tes diperoleh data yang berupa nilai belajar siswa yang untuk selanjutnya digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktifitas siswa pada siklus I sebesar 78%, sedangkan pada siklus II sebesar 81%. Dengan demikian, berarti pada siklus II minat belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Peningkatan tersebut juga tampak pada prestasi belajar siswa dari hasil tes awal 49.2 menjadi meningkat menjadi 74.48 pada siklus I dan 92 pada siklus II.  Dengan demikian hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan prestasi belajar   khususnya analisis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)   sehingga penerapan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran PAI.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anwar, 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup, Bandung : Alfabeta
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. et.all., 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, 1994, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Endarmoko, Eko. 2007. Tesaurus Bahasa Indonesia Jakarta: Gramedia Pustaka
Hamalik, Oemar. 2003 . Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
_ _ _ _ _ _. 2007. Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara
Hanafiah, Nanang. dkk, 2009. Konsep Strategi Pembelajaran Bandung: PT Refika Aditama
Kasihani dan Suyanto, 2008. Model-model pembelajaran, Malang: UM Press
Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lie, Anita .2005. Cooperative Learning (Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang Kelas I, Jakarta: Grasindo
Moelong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- - - - - - - -. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nur, Muhammad. dkk, 1999. Teori Belajar, Surabaya: UESA Press
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Konstektual dan penerapannya dalam KBK, Malang: UM Press
Poerwadarminta, W.J.S. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: PN Balai Pustaka
Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Rosdakarya
Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta
Slavin, 2008. Cooperative Learning, (Teori, Riset, Praktik), Bandung: Nusa Media,
Solihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara
Slavin, Robert E. 2008. Cooperatif Learning Teori Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tanzeh, Ahmad. 2004. Metode Penelitian Praktis. Jakarta : Bina Ilmu
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis, Konsep, Landasan, Teoritis Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka
Yuwono, Ipung. 2001. pembelajaran Matematika Secara Membumi, Malang: Unpress
Walgito, Bimo. 1990. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset
Published
2023-01-18
How to Cite
Ruly Budiyanto. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Student Research, 1(1), 24-40. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.929