MENINGKATAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE STORY TELLING DI RA NURUL ANWAR

Authors

  • Abdullah Syafi’i
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.942

Keywords:

Kecerdasan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan maksud atau tujuan dalam hal ini kemajuan bangsa mungkin sangat penting dalam memimpin perkembangan yang lainnya khususnya untuk anak-anak usia dini yang memang masih perlu dilatih. Dalam penelitian ini bertujuan agar mengetahui media story telling ini dapat meningkatkan kecerdasan bahasa khusunya pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan analisis data dan fakta lapangan dengan mewawancarai narasumber yang melibatkan guru taman kanak-kanak. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasannya media story telling dapat meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak usia dini, namun tidak luput dari kreatifitas guru itu sendiri dalam penyampaian pembelajaran dalam media ini.

References

AE, S. (2010). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Bahasa Anak-Anak. Surabaya: Binakarya.
Bachir, B. S. (2005). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Cahaya Mulya Pres.
Batubara, R. J. (2019). Penerapan strategi storytelling Kampung dongeng dalam membentuk karakter building pembentukan karakter bagi anak-anak di kota Medan. Karya Ilmiah.
Depdiknas. (2011). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia. perpunas, 75.
Fauziddi, M. (2017). Jurnal Pendidikan . Pendidikan Anak Usia Dini, 43.
Gunawan, A. W. (2018). Strategi Genius Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Imamah, N. (2019). Penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan linguistik verbal pada kelompok a di Raudlotul Athfal Fatahillah Sukojember Jelbuk Jember. Karya Ilmiah.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Kesowo, B. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Warga Negara. Masyarakat. Pemerintah. Pemerintah Daerah. (Penjelasan dalam.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Roasdakarya.
Musfiroh, t. (2005). STIMULASI KECERDASAN MOTORIK DAN BAHASA. Pusdi PAUD-UNY.
Musfiroh, T. (2018). Bermain Peran Dan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan.
Nurbiana, D. (2012). Metode Perkembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pusari, R. w. (2011). Bahasa dan Kecerdasan Anak. Malih Peddas.
Putri, S. K. (2015). Kecerdasan verbal linguistik dapat meningkat melalui metode bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok B TK Pertiwi Kunti Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Artikel Publikasi Ilmiah.
R.T, L. S. (2020). Penerapan metode pembelajaran story telling dalam upaya meningkatkan minat membaca siswa Kober as-syafa'ah. Dharma Bhakti Ekuitas.
Rudiyanto, A. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metro:CV Laduny Alifatama.
Siregar, L. Y. (2013). Peran Psikologi Komunikasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan. Al-kuttab.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Suryana, D. D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suryono, Z. F. (2008). Memahami Berbagai Aspek Bercerita . Yogyakarta: Yayasan SPA.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakara: Kencana.
Utama, N. T. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Abdullah Syafi’i, & Septi Gumiandari. (2023). MENINGKATAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE STORY TELLING DI RA NURUL ANWAR. Journal of Student Research, 1(1), 72–86. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.942