EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN

  • Elsa Kaniawati STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Meisya Edlina Mardani STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Shania Nada Lestari STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Ulan Nurmilah STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Usep Setiawan STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta
Keywords: Evaluasi media pembelajaran

Abstract

Evaluasi merupakan bagian penting dalam pengembangan media pembelajaran. Apapun jenis media yang dikembangkan perlu di evaluasi dan di nilai terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan secara luas. Jadi maksud dari pada evaluasi tersebut untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang dikembangkan tersebut dapat mecapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Hal ini dikarena banyak orang yang berpendapat bahwa sekali mereka membuat media pembelajaran maka searatus persen ditangung baik. Oleh karena itu rumusan masalah secara singkat dari pada kajian ini adalah bagaiamana evaluasi media pembelajaran Mengacu pada permasalahn diatas, kajian ini di maksudkan untuk memperoleh gambaran tentang evaluasi media pembelajaran sebagai saran dan prasana pembelajaran yang berkualitas. Metode deskriptif di definisikan sebagai metode yang digunakan untuk menggambar atau menganalisis sesuatu mengenai situasi atau kejadian yang ada.(Sugiyono,2021) Evaluasi merupakan kegiatan pengumpulan kenyataan mengenai proses pembelajaran secara sistematis untuk menetapkan apakah terjadi perubahan terhadap peserta didik dan sejauh mana perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan peserta didik. Adapun dalam proses evaluasi media pembelajaran di ukur dari dua aspek, yaitu Sistem pembelajaran hasil peserta didik di buktikan secara empiris Keberhasilan dan kefektifan proses belajar menunjukan bukti banyaknya sumbangan media atau media program. Tujuan evaluasi media pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan dipergunakan dikelas, untuk melihat prosedur penggunaan media, untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan media tersebut telah tercapai, menilai kemampuan guru menggunakan media, memberikan informasi untuk kepentingan administrasi dan untuk memperbaiki media itu sendiri. ditentukanEvaluasi media pembelajaran adalah tahapan yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bentuk komunikasi baik secara visual maupun audio visual. Dan upaya peningkatan pembelajaran yang efektif. Adapun dalam evaluasi pembelajaran ini memilik beberapa fungsi sebagaimana fungsi ini adalah bentuk peranan media dalam pembelajaran diantara nya yaitu : Selain memiliki fungsi media pembelajaran juga memiliki Tujuan evaluasi media pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan dipergunakan dikelas, untuk melihat prosedur penggunaan media, untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan media tersebut telah tercapai, menilai kemampuan guru menggunakan media, memberikan informasi untuk kepentingan administrasi dan untuk memperbaiki media itu sendiri. Prosedur evaluasi media pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan terhadap media pembelajaran berdasarkan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dalam evaluasi sumatif dan formatif.

References

Arif, M. (2020). pengembangan medai pembelajaran. Sumatra: Balai Insan Cendekia Mandiri.
Kustandi , C. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN . Prenada Media
Purba, R. A. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis .
Soesna, A. (t.thn.). pengembsngsn media pembelajaran di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis .
Sugiyono. (2021). metode peneltian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, S. (2021). DESAIN MEDIA DAN PEMBELAJRAN SDMI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammas Zaini.
Sutiah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM. Nizamia Learning Center.
Zainiyati, H. S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT.
Jakarta : PT Kharisma Putra Utama .
Published
2023-01-20
How to Cite
Elsa Kaniawati, Meisya Edlina Mardani, Shania Nada Lestari, Ulan Nurmilah, & Usep Setiawan. (2023). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN. Journal of Student Research, 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954