Konseling Kelompok Dengan Teknik Berfokus Pada Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Al-Uswah Kuala

  • Serla Andrianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mohammad Al-Farabi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Konseling Kelompok Berfokus Solusi, Motivasi Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik berfokus pada solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Uswah Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 MTs Al-Uswah Kuala yang berjumlah 8 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, dan observasi. Hasil instrumen angket yang diberikan sebelum dilakukan tindakan sebesar 13% dengan kategori motivasi belajar masih rendah setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh yaitu 63% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan menjadi 88%. Jadi hasil peningkatan yang dilakukan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%, dengan kriteria berhasil dan sudah mencapai dari target yang teleh ditetapkan yaitu 75%. Artinya bahwa siswa yang diberikan layanan konseling kelompok berfokus solusi mengalami peningkatan motivasi belajar.

References

Ade Chita Putri Harahap. (2020). Prosedur Kelompok dalam Konseling. Medan: Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara.
Amma Emda. (2017). Kedududkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2
Canda Wijaya. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media Perintis.
Egy Novita Fitri, Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 2.
Fakhrudin Mutakin Nur Hidayah. (2016). Efektivitas Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 11.
Khairunnisa. (2018). Meningkatkan Kpercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Kelas VII di MTs Proyek Kandepag Medan. Skripsi: Medan. Program Sarjana Bimbingan dan Konseling Islam.
Kuhendar, Hartika Utami Fitri. (2016). Upaya Konselor Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Korban Bullying Dilihat dari Perspektif Pendekatan Konseling Solution-Focused Brief Theraphy. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal. Vol. 4 No. 2.
M. Arli Rusandi, Ali Rachman. (2014). Efektifitas Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution Focused Brief Therapy) Untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Unlan Banjarmasin. Jurnal Al-‘Ulum. Vol 62. No 4.
Moleng. (2005). Penelitian Kualitatif. Bandung: Media
Mulawarman. (2019). SFBC (Solution Focused Brief Counseling) Konseling Singkat Berfokus Solusi. Jakarta: Kencana.
Syafaruddin, Ahmad Syarqawi, Dina Nadira. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Tega Wijayanti. (2020). Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pendekatan SFBC (Teknik Miracle Question). Jurnal Nor Nusantara Vol. 7. No 2.
Thohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Umar Sidiq, Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Natakarya.
Umi Amaliyah. (2019). Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Tinggal Kelas SMK Negeri 5. Skripsi Yogyakarta. Program Sarjana Bimbingan Konseling Islam.
Zaidar. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMPN 1 Lembah Melintang. Tahun Ajaran 2018/2029. Jurnal Ensiklopedia Education Review. Vol 1. No 1.
Published
2023-01-20
How to Cite
Serla Andrianti, Nefi Darmayanti, & Mohammad Al-Farabi. (2023). Konseling Kelompok Dengan Teknik Berfokus Pada Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Al-Uswah Kuala. Journal of Student Research, 1(1), 87-101. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.955