Analisis Kebutuhan Pengembangan Metode Pembelajaran Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar

  • PIPIT IRAWATI Universitas PGRI Semarang
Keywords: Analisis kebutuhan, matematika, sekolah dasar

Abstract

Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar dibutuhkan analisis kebutuhan awal pengembangan pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini bertujuan menciptakan desain pembelajaran yang menyenangkan di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa pengamatan,angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data instrument awal diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar Matematika di SD Gugus Pucang Harapan pada pembelajaran Matematika masih rendah. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa hanya sebesar 61 dengan tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 45. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 43,9 dengan katagori rendah sedangkan nilai tertingginya yaitu 85 dan nilai terendahnya yaitu 45. Hasil belajar pada pembelajaran Matematika masih rendah disebabkan oleh banyaknya hapalan rumus, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, orang tua menggangap Matematika pelajaran penting daripada pelajaran lain sehingga nilai anak harus bagus itu menjadi beban bagi anak, serta anak kurang memahami pembelajaran Matematika karena banyaknya materi yang diberikan. Analisis awal kebutuhan pengembangan metode pembelajaran Matematika dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya sehingga hasil pembelajaran Matematika di Sekolah dasar dapat meningkat.

References

Drs. Tatang Herman, M.Ed. Universitas Pendidikan Indonesia. “SS dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Matematika di Indonesia”
http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_MIMBAR_PENDIDIKAN/MIMBAR_NO_2_2003/TIMSS_dan_Implikasinya_Terhadap_Pendidikan_Matematika_di_Indonesia.pdf

Hidayati, Arini Ulfah. "Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar." Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4.2 (2017): 143-156.
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222

Gunawan, Fara Nabila, Yerry Soepriyanto, and Agus Wedi. "Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari." JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3.2 (2020): 187-198.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/13368

Khaulani, Fatma, S. Neviyarni, and Irdamurni Irdamurni. "Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7.1 (2020): 51-59.

http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7372

Kresna Oktafianto1* ; Eriska Fitri Kurniawati2 ; Lilik Muzdalifah3 ; Ahmad Zaenal Arifin4 ; Nia Nurfitria5 ; Afifah6 ; Ridho Awanda7
1*Prodi Matematika FMIPA Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal

https://independent.academia.edu/NurianaRachmaniDewi?swp=tc-au-56439440
Published
2023-01-20
How to Cite
PIPIT IRAWATI. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Metode Pembelajaran Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.956