Implementasi Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati

  • Pransiska STAI Pati
  • Mina Syafaati STAI Pati
  • Lilik Malihatin STAI Pati
  • Heny Kusmawati STAI Pati
Keywords: Implentasi, Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dikarenakan melalui pendidikan mampu membentuk kepribadian dari individu atau peserta didik. Pendidikan yakni salah satu kebutuhan manusia dalam mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang pada diri manusia tersebut. Melalui penggunaan model Discovery Learning proses pembelajaran akan berubah yang semulanya guru lebih aktif menjadi peserta didik yang mengendalikan pembelajaran agar peserta didik mandiri. Dalam menggunakan model pembelajaran ini, guru harus menjelaskan tugas yang harus peserta didik laksanakan, tujuan tugas, informasi yang harus di cari, diolah, dibahas pada kelompok masing-masing. Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk   mendeskripsikan implementasi Discovery Learning terhadap pembelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati. Jenis dalam penelitian yakni menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan beberapa pendekatan yakni pendekatan yuridis, pedagogis dan psikologis. Temuan peneliti menunjukkan bahwa komponen input yang meliputi sejumlah indikator antara lain silabus pembelajaran, rencana  pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar sudah memadai untuk pelaksanaan rencana  pelaksanaan pembelajaran yang memenuhi standar kurikulum 2013. Yang kedua adalah elemen proses, yang mengikuti metodologi ilmiah dan memerlukan kegiatan seperti merangsang pengamatan, mengajukan pertanyaan melalui pernyataan masalah, penalaran melalui pengumpulan data, mengasosiasikan melalui pengolahan dan verifikasi data, dan berkomunikasi melalui generalisasi.  Pada  aspek pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini sejalan dengan sintaks model pembelajaran discovery. Komponen ketiga adalah output, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan kemampuan sesuai dengan pedoman yang dituangkan dalam Permendikbud No. 66 tahun 2013.

References

Abidin, Yunus., Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Rafika Aditama, 2014.
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2008.
Daradjat, Zakiyah., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Fadlillah, M., Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Getteng, Abd Rahman ., Menuju Guru yang Profesional dan Beretika Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru, 2008.
Hosnan, M., Pendekatan Saintifikdan Kontekstual dalam Pembelajan Abad 21; Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2014.
Kholidah, Ahmad Munjir Nasih dan Lilik Nur., Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Refika Aditama: 2009.
Kosasih, E., Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya, 2014.
Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: RinekaCipta, 2001.
Rohani, Ahmad., Pengelolaan dan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Rosyada, Dede., Paradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Kencana Prenanda Media, Group, 2007.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. IV; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011.
Sani, Imas Kurniasih dan Berlin., Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek Terdalam Kurikulum 2013, Cet. II; Surabaya: Kata Pena, 2014.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; CV. Alfabeta, 2011.
Suhartono, Suparlan., Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Syah, Muhibbin., Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1996.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik, Cet. V; Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogjakarta: Gigraf Publishing, 2000.
Published
2023-01-21
How to Cite
Pransiska, Mina Syafaati, Lilik Malihatin, & Heny Kusmawati. (2023). Implementasi Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati. Journal of Student Research, 1(1), 159-171. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.964