STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN

Authors

  • Millah Mu’allifah STAIP
  • Aufa Fadla A’yunina STAIP
  • Heny Kusmawati STAIP
  • Marzuqi indra maulana STAIP

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.965

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an

Abstract

Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus merupakan pondok pesantren yang memiliki konsep dengan memfokuskan terhadap Tahfidzul Qur’an, hal yang menjadi permasalahan di dalam program Tahfidz Al-Qur’an tersebut adalah dalam proses pembelajaran, terlihat dari belum sesuai metode yang digunakan dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang di capai dalam strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif-kualitatif yang digunakan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa, pondok pesantren MA Ma’ahid Kudus merupakan Boarding School yang berbasis pada program tahfidzul Qur’an. Perencanaan dilakukan dengan empat tahapan seleksi, pengorganisasian dengan menentukan tugas dan mekanisme dalam proses pembelajaran, pelaksanaan ditandai dengan adanyan proses belajar mengajar, pengawasan dengan melakukan pemantauan melihat buku setoran santri dan mengabsen santri, dan Keberhasilan yang diraih Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus dapat dilihat dari hasil prestasi dengan mengikuti perlombaan Tahfidz Al-Qur’an berbagai tingkatan dan kejuaraan.

References

Artikel Jurnal Ilmiah
Akbar, A. & Hidayatullah, I. (2016) Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin Volume. 24 Nomor 1.
Lutfy, A. (2013), “Metode Tahfidz Al-Qur’an”. Jurnal Holistik Volume 14, Nomor 02.
Masduki,Yusron. (2018) Implikasi Psikologi Bagi Penghafal Al-Qur’an, Medina-Te, Vol. 18 Nomor 1.
Umar. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Lukqman Hakim.
Jurnal Pendidikan Islam. Volume. 6, Nomor 1, 2017.

Buku
Al-Faruq, Umar. 2014. 10 Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur’an, Surakarta: Ziyad Books.
Al-Qathathan, Manna’ Khalil. (2004) Studi Ilmu Ilmu Al Qur’an. Bogor. Pustaka Litera Antarnusa.
Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Al-Fabeta.
Basyir, Saihul. 2021. Kun Bil Qur'ani Najman. Jakarta: PT Gramedia.
Haerana. (2016). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan; Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jahari, J. & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfhabeta.
Kurniadin, D & Machali, I. (2016). Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan.
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ngalimun. (2011) Strategi Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Supriyadi. (2011) Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Millah Mu’allifah, Aufa Fadla A’yunina, Heny Kusmawati, & Marzuqi indra maulana. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN . Journal of Student Research, 1(1), 172–187. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.965