KEBIJAKAN STRATEGI MERDEKA BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI ERA COVID - 19

  • Malikhatun Nafi’ah STAIP, Indonesia
  • Ana Naila Miftahuz Zahro STAIP, Indonesia
  • Heni kusmawati STAIP, Indonesia
Keywords: Kebijakan Merdeka Belajar, Pandemi Covid-19, Pembelajaran

Abstract

Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus merupakan pondok pesantren yang memiliki konsep dengan memfokuskan terhadap Tahfidzul Qur’an, hal yang menjadi permasalahan di dalam program Tahfidz Al-Qur’an tersebut adalah dalam proses pembelajaran, terlihat dari belum sesuai metode yang digunakan dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang di capai dalam strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif-kualitatif yang digunakan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa, pondok pesantren MA Ma’ahid Kudus merupakan Boarding School yang berbasis pada program tahfidzul Qur’an. Perencanaan dilakukan dengan empat tahapan seleksi, pengorganisasian dengan menentukan tugas dan mekanisme dalam proses pembelajaran, pelaksanaan ditandai dengan adanyan proses belajar mengajar, pengawasan dengan melakukan pemantauan melihat buku setoran santri dan mengabsen santri, dan Keberhasilan yang diraih Pondok Pesantren MA Ma’ahid Kudus dapat dilihat dari hasil prestasi dengan mengikuti perlombaan Tahfidz Al-Qur’an berbagai tingkatan dan kejuaraan.

References

A. Abidah, H. N. Hidaayatullaah, R. M. Simamora, D. Fehabutar dan L. Mutakinati. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and its Relation to The Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1 (1), 38–49.
A. Suryadi dan H. A. R. Tilaar. (1994). Analisis Kebijakan Pendidikan Sebuah Pengantar. Bandung: Rosdakarya.
A. T. Daga. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7 (3), 1075–1090.
A. Widiyono dan I. Millati. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2 (1), 1–9.
A. Widiyono, S. Irfana dan K. Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16 (2).
B. Winarno. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo.
D. J. P. Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ammas. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Sipatokkong
Bpsdm Sulsel, 2 (1), 35–45.
S. Arifin, N. Abidin, dab F. Al Anshori. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap
Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7 (1), 65–78.
Published
2023-01-21
How to Cite
Malikhatun Nafi’ah, Ana Naila Miftahuz Zahro, & Heni kusmawati. (2023). KEBIJAKAN STRATEGI MERDEKA BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI ERA COVID - 19. Journal of Student Research, 1(1), 188-201. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.966