Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien

Authors

  • Elmi Masfufah STAIP, Indonesia
  • Erna Sari STAIP, Indonesia
  • Asshofarul Munafi’ah STAIP, Indonesia
  • Heny Kusmawati STAIP, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.981

Keywords:

Startegi Pengelolaan Kelas, Proses dan Hasil Pembelajaran

Abstract

Efektivitas proses pembelajaran akan dipengaruhi oleh peran guru dalam pengelolaan kelas. Hal ini menantang bagi guru untuk mengelola kursus, keragaman kepribadian siswa, kebutuhan, dan gaya belajar. Dalam pencapaian pembelajaran yang efektif dan efisien, sebuah kelas harus dikelola. Pengajar berusaha untuk menggunakan potensi kelas, memperhatikan siswa secara dekat, dan mengenal mereka satu per satu dalam mencegah munculnya perilaku siswa yang mengganggu kelancaran proses belajar dan mengajar. Pembelajaran sebagai proses memiliki strategi dengan pengelolaan kelas dalam upaya mengefektifkan pembelajaran. Pengajar berupaya menciptakan dan memelihara lingkungan dan kondisi pembelajaran yang t, ideal, dan membahagiakan guna menjamin proses pembelajaran yang efisien dan pembelajaran yang tujuan berhasil dipenuhi. Tujuan studi ini adalah untuk mendeskripsikan teknik pengelolaan kelas yang meningkatkan hasil dan proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sistematis dari perpustakaan dan bersifat deskriptif kualitatif. Menurut sejumlah penelitian yang telah efektif dalam mengevaluasi, tantangan utama pengajaran adalah mengelola persiapan, demonstrasi, dan pengelolaan proses dan hasil akhir untuk evaluasi diri. Namun, penting untuk ditekankan bahwa instruktur harus memahami model pembelajaran berbasis masalah untuk menerapkan teknik diskusi, presentasi, dan diskusi kelompok yang efisien di kelas.

References

Harjali, H. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23, 010–019.

Isbadrianingtyas, Nafi and Hasanah, Muakibatul and Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 901– 904. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6300

N. K. A. Basunari, I. B. P. Mardana, I. N. P. Suwindra. (2017). Strategi Pengelolaan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Fisika: Relevansinya Terhadap Upaya Pengembangan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 7 No. 2
R. Abu Hasan Agus. 2015. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 03 No. 01

Surjana, Andyarto. (2002). Efektivitas Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, Nomor 01, Tahun I.

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E- Tech : Jurnal STKIP Adzkia, Volume 07 Number IV.

Buku

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press

Arikunto, Suharsimi. 1992. Pengelolaan kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.

Burhanuddinn dkk., 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dunne, Richard. 1996. Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta: Grasindo.
Hurlock, Elizabeth. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: remaja rosdakarya. Maman, R. (1998). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Pranada Media
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Puput Fathurohman dan M Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Pidarta, Made. 1970. Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional. Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Rianto, Milan. 2007. Pengelolaan Kelas Model PAKEM. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Slavin, R.E. 1994. Education psychology Theory: Teori and practice. Massachusetts: Allyn And Bacon Publik.
Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah-Kiat menjadi Pendidik yang Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Sutiah. 2003. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
W. James, Popham. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka cipta.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Elmi Masfufah, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah, & Heny Kusmawati. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Journal of Student Research, 1(1), 215–230. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.981