Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

  • Hanik Mutma'inah STAIP, Indonesia
  • Muhammad Ainun Najib STAIP, Indonesia
  • Heny Kusmawati STAIP, Indonesia
Keywords: Strategi pembelajaran, Sains, Anak usia dini

Abstract

Anak merupakan pembelajar aktif yang membangun pengetahuannya sendiri. Penanaman konsep pada anak dilakukan secara menyenangkan dengan melibatkan dan mengikut sertakan anak dalam kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan agar mudah diingat dan dipahami anak. Pembelajaran sain merupakan salah satu cara penanaman konsep sederhana pada anak. Pengenalan sain pada anak ditekankan pada proses dari pada produk. Sains juga melatih anak menggunakan lima inderanya untuk mengeksplosasi terhadap berbagai kejadian maupun benda. Namun kenyataannya, masih banyak guru belum mampu menerapkan pembelajaran sains sederhana untuk menanamkan konsep pada anak. Guru kebanyakan hanya memberi lembar kerja siswa untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang dilakukan pada anak kurang menarik dan sulit untuk diingat. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran sains sederhana bagi anak usia dini.

References

Bakri, Annisa Rahmilah, Juli Amaliyah Nasucha, and Dwi Bhakti Indri M. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education2, no. 1 (February 9, 2021): 58–79. https://doi.org/10.31538/TIJIE.V2I1.12.
Fauziddin, Moh, Peningkatan Kemampuan, Matematika Anak, Usia Dini, Melalui Permainan, Jam Pintar, Di Taman, Kanak -Kanak Pembina, and Kec Bangkinang Kota. “Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak -Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini1, no. 1 (June 10, 2015): 49–54. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I1.55.
Hardianti, Tuti, Lisa Ariyanti Pohan, and Julia Maulina. “Bahan Ajar Berbasis Saintifik: Pengaruhnya Pada Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP An-Nizam –DOAJ.” JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN)4, no. 1 (2020). https://doaj.org/article/09a55b378998415c93aa335c89bb81d6. Kartono, Kartini. Psikologi Anak. Bandung: Alumni, 1986.
Munastiwi, Erni. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak,”2016.http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/vie w/1087.
Munawaroh, Hidayatu, and Banar Dwi Retyanto. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo | Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak,”2016.http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1264.
Buku
Aisyah, Siti. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Aziz, Safrudin. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini; Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, Dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.
Mursi, Muhammad Said. Melahirkan Anak MasyaAllah. Terj. Ali. Jakarta: Cendekia, 2001
Published
2023-01-23
How to Cite
Hanik Mutma’inah, Muhammad Ainun Najib, & Heny Kusmawati. (2023). Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 1(1), 249-264. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.984