ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA KOPERASI BINA USAHA MANDIRI PERIODE TAHUN 2021

  • Erika Ferninda Sella Yustiara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adiati Trihastuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Sistem Pengendalian Manajemen, Struktur Pengendalian Management, Proses Pengendalian Management, Koperasi

Abstract

Koperasi Bina Usaha Mandiri Kupang Krajan bertempat di jalan Banyu Urip Lor VI No 75 Surabaya, Kelurahan Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, merupakan koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam. koperasi adalah suatu organisasi ekonomi yang dijalankan dan dikembangkan oleh seseorang untuk kepentingan anggotanya. Sebagai salah satu organisasi yang berasaskan kekeluargaan yang dimana sumber dana didapatkan dari simpanan pokok dan simpanan wajib anggota Koperasi Bina Usaha Mandiri.

Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian manajemen yang ada pada Koperasi Bina Usaha Mandiri (KOP BUM). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini memfokuskan pada penjelasan yang melihat keadaan, setelah itu menganalisisnya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pada studi kasus. Adapun penerapan suatu sistem pengendalian manajemen oleh Koperasi Bina Usaha Mandiri dapat dilihat dari struktur dan prosesnya. Koperasi Bina Usaha Mandiri memliki struktur pengendalian Manajemen bisa dilihat dengan adanya struktur organisasi, tanggung jawab, pendelegasian wewenang serta pertanggungjawaban biaya. Selain itu juga terdapat prosedur sistem pengendalian manajemen diantaranya, penyusunan anggaran, perencanaan strategis, pelaksanaan dan evaluasi kinerja. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen yang berada di Koperasi Bina Usaha Mandiri menunjukkan hasil yang optimal. 

References

Anggoro, D. T., Chaniago, S. N., & Yunestri, R. (2022). Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan Pada Toko Bapak Waluyo Tulungagung.
Bayangkara, I. B. K., & Ratnawati, T. (2022). Pelatihan Strategi Pengembangan Koperasi Pada KPRI Unit Pembangkit Sektor Brantas PT. Pembangkit Jawa Bali. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 2(03), 1-10.
Hadijono, S., Ratnawati, T., & Trihastuti, A. (2019). Kajian Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam Provinsi JAWA Timur. JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 4(01).
Hidayah, N. (2016). Analisis Sistem Pengendalian Manajemen untuk Peningkatan Kinerja Manajemen Pada Perusahaan Keluarga (Studi Kasus Pada UD. X Sidoarjo). Jurnal Akuntansi AKUNESA, 4(2), 1-15.
Ifah, A. A. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Manajemen Produksi (Studi Kasus Pada PT. Liebra Permana Bawen Kabupaten Semarang). JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2).
Kaunang, T. L., Tinangon, J. J., & Tirayoh, V. V. Z. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pada PT. Perusahaan Listrik Negara (persero) Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Mahulette, B. W., Karamoy, H., & Wangkar, A. (2020). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Manajer Produksi Pada Pt. Citra Raja Ampat Canning. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).
Pandiangan, N. A. (2019). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Pada PT. Kupj (Karunia Usaha Padan Jaya) Tour Medan.
Razak, f. (2022). Pengaruh Pendelegasian Wewenang Kerja Terhadap Semangat Kerja di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Ukm.
Rohmat, A. B. (2016). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Koperasi Dalam Undang-Undang Koperasi (Studi Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 dan Undang-Undang No. 17 Tahun 2012). Jurnal Pembaharuan Hukum, 2(1), 138-147.
Senduk, F. A., Manossoh, H., & Affandi, D. (2017). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Koperasi Simpan Pinjam “Ayamen Mandiri” Kombi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(4).
Sirait, D. R. (2019). Peranan Akuntansi Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pt Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelayanan Transmisi Pematang Siantar.
Suawah, M. A. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Pada Rumah Sakit Gmim Siloam Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1463-1471.
Talumewo, W. E., Nangoi, G., & Tirayoh, V. (2018). Analisis Atas Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pemberian Kredit Pada PT. Suzuki Finance Indonesia Cabang Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).
Tendean, A. B., Saerang, D. P., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Struktur Sistem Pengendalian Manajemen, Proses Sistem Pengendalian Manajemen Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Pada Rsud Sulawesi Utara). Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(03).
Tripambudi, N. A., & Adityawarman, A. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi dan Struktur Organisasi pada Sistem Informasi Akuntansi dan Dampaknya terhadap Kualitas Informasi (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Published
2023-01-23
How to Cite
Erika Ferninda Sella Yustiara, & Adiati Trihastuti. (2023). ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA KOPERASI BINA USAHA MANDIRI PERIODE TAHUN 2021. Journal of Student Research, 1(2), 237-247. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.992