PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN LAMONGAN)

  • Yullia Agustin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adiati Trihastuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Kualitas Pajak, Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.

Abstract

Sebagai salah satu Lembaga Negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, Samsat Kabupaten Lamongan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Salah satu misi utama Samsat Kabupaten Lamongan adalah memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepusan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X) yang meliputi variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor (Y). Populasi penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor Kabupaten Lamongan yang terdaftar di Samsat Lamongan. Melalui  kuesioner  serta  teknik  pengumpulan  data  Accidental  Sampling dengan sampel yang berjumlah 100 wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Lamongan. Dalam pengujian hipotesisnya, peneliti menggunakan analisis regresi berganda dan diolah  melalui  pengujian  yang  dilakukan  pada software  SPSS  26.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  kualitas  pelayanan berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Lamongan.

References

Ananda, A., & Pradini, G. (2022). Peran Food & Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Mcdonald’s Jatipadang Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).
Awaluddin, I. S. N. W. O. R. D., Nurnaluri, S., & Damayanti, W. O. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2.
Bursan, R., & Chanerie, D. J. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Samsat Bandar Lampung Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 10(2).
Caroko, B., Susilo, H., & Zahroh, Z. A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 4(1).
Hamirul, H., & Alamsyahril, A. (2020). Good Governance Dalam Perspektif Kualitas Pelayanan Publik. Cv. Pustaka Learning Center.
Indonesia, S. N. K. U. S. Kewajiban Moral Mewujudkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas.
Irianto, D. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Samsat Keliling Kabupaten Ponorogo) (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).
Kodung, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Samsat Kota Manado) (Doctoral Dissertation, IAIAN Manado).
Kusumawati, I. N., & Rachman, A. N. (2021). Analisa Pengaruh Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ekonomi-Qu, 11(1), 1-20.
Mirza, M., & Yanna, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Uptd. Lentera (Jurnal: Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya), 6(2), 31-34.
Munzir, T., & Ismanto, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Dimensi, 9(3), 564-573.
Nadeak, T., & Sunasti, E. (2019). Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sebelum Dan Sesudah Berlakunya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 973/154 2018. Buana Ilmu, 4(1), 25-54.
Nurdiyansah, D., & Dewi, D. A. L. (2018). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimoderasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Rembang). Potensio, 18(02).
Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dafam Semarang/21/Adbis/2020 (Doctoral Dissertation, Faculty Of Social And Political Science).
Pratama, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dikantor Samsat Bersama Denpasar. JUSTBEST: Journal Of Sustainable Business And Management, 1(1), 45-58.
Ramadani, E. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan (Studi Pelayanan Pajak Daerah) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).
Ridhawati, R., Lesmanawati, D., & Lufty, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Uppd Banjarmasin 1. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37-48.
Rohmah, R. F. M., Suyanto, U. Y., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh Pembebasan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua (R2)(Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat Lamongan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi Dan Perpajakan (Jemap), 5(1), 109-123.
Saputra, R. J. (2020). Analisis Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Barito Samugara Trans Energy Di Kal-Sel Dan Kal-Teng (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).
Sari, N. K., & Hardi, M. (2017). Analisis Kontribusi Pajak Mobil Tipe Low Cost Green Car (Lcgc) Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Jawa Timur Tahun 2010-2014. Jea17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 2(01).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherlan, Z. A., & Sastika, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk T-Samsat Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten (Bjb), Tbk.(Studi Kasus Pada Nasabah Bank Bjb Di Kota Bandung Tahun 2018). Eproceedings Of Applied Science, 4(3).
Suwarno, Zaini Rochmad, (2020), Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyrakat Dalam Memperoleh Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga Di Kantor Kecamatan Baki
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah (PDRD)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan
Published
2023-01-23
How to Cite
Yullia Agustin, & Adiati Trihastuti. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN LAMONGAN). Journal of Student Research, 1(2), 248-263. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.994