Implementasi Media Smart card (Kartu Pintar) dalam Pembelajaran Tematik ii Kelas IV di MI Maslakul Huda Gunung Sari

  • Muhammad Azmi Khoirullah
  • Syahrul Rihmaul Hikam STAIP, Indonesia
  • Heny kusmawati STAIP, Indonesia
Keywords: Media Kartu Pintar; Pembelajaran Tematik; Implementasi

Abstract

. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media smart card (kartu pintar) pada pembelajaran tematik di MI Maslakul Huda Gunungsari. Penelitiannya merupakan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah Guru kelas IV dan Kepala Sekolah. Adapun teknik pengumpulan data melalu wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media smart card pada pembelajaran tematik dilakukan dengan permainan tepuk kartu dengan langkah-langkah yang telah ditentukan, adapun kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan media smart card ini adalah adanya keterbatasan waktu untuk menyiapkannya sehingga hanya digunakan untuk beberapa pembelajaran saja. Peran media smart card pada pembelajaran tematik adalah sebagai media yang dapat membuat siswa lebih aktif berinteraksi, membuat suasana kelas lebih kondusif, mempermudah guru dalam penyampaian materi, memudahkan siswa mengingat dan memahami materi, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat dikatakan implementasi media smart card sesuai dengan kemampuan.

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1)
Alfinikmah, W. (2016). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri Gugus Bima Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung, Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Anggito, S. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Asmarawati, N. A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Karakter dengan Media Kartu Pintar Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patangpuluhan Yogyakarta, Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.
Frasandy, R. N. (2017). Integrative thematic learning (integration model of general subjects in (Islamic) elementary school with religious values). Elementary: Islamic Teacherc Journal, 5(2) Manisa, E. A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match Circle Untuk Kelas 3 SD. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J, & Festiawan, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Smart card Perwasitan Bola Basket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1)
Worowirastri E. D., Wahyu, P. U. I., & Ika K. D. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 17–25
Published
2023-01-23
How to Cite
Muhammad Azmi Khoirullah, Syahrul Rihmaul Hikam, & Heny kusmawati. (2023). Implementasi Media Smart card (Kartu Pintar) dalam Pembelajaran Tematik ii Kelas IV di MI Maslakul Huda Gunung Sari. Journal of Student Research, 1(1), 303-312. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.998