Pengaruh Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

  • Alya Zalfi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Sefli Diana Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Esi Sriyanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
Keywords: Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal

Abstract

Analisa keuangan perusahaan perlu dilakukan untuk mengetahui prestasi dan kinerja perusahaan yang berguna untuk kepentingan manajemen perusahaan. Dengan mengetahui prestasi dan kinerja perusahaan diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan-keputusan strategis perusahaan sehingga dapat sukses dalam persaingan global baik dalam negeri maupun luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan cara dokumentasi dari dokumen-dokumen yang ada di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini ada 6 perusahaan sub sektor otomotif dan komponen. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan peneliti terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap Struktur Modal. Secara simultan Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Struktur Modal.

 

 

References

Sawitri, Ni Putu Yuliana Ria. Lestari, Putu Vivi. 2015. Penelitian tentang pengaruh risiko bisnis, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal.

Devi, Ni Made Noviana Chintya. Sulindawati, Ni Luh Gede Erni. Wahyuni, Made Arie. 2017. Penelitian tentang pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan kepemilikan manajerial terhadap struktur modal perusahaan.

Situmorang, Miranda Paula Marito. Saerang, Ivonne S. Maramis, Joubert B. 2019. Penelitian tentang pengaruh ukuran perusahaan dan struktur aktiva terhadap struktur modal dan nilai perusahaan di BEI periode 2012-2016.

Irawan. Pramono, Cahyo. 2017. Penelitian tentang pengaruh suku bunga, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dengan moderasi profitabilitas pada perusahaan sektor aneka industri di Bursa Efek Indonesia.

Kanita, Ghia Ghaida. 2014. Penelitian tentang pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan makanan dan minuman.

Dewi, Dewa Ayu Intan Yoga Maha. Sudiartha, Gede Mertha. 2017. Penelitian tentang pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan aset terhadap struktur modal dan nilai perusahaan.

Kartika, Andi. 2016. Penelitian tentang pengaruh profitabilitas, struktur aset, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Batubara, Riski Ayu Pratiwi. Topowijono. Z.A, Zahroh. 2017. Penelitian tentang pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal (studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015).

Deviani, Made Yunitri. Sudjarni, Luh Komang. 2018. Penelitian tentang pengaruh tingkat pertumbuhan, struktur aktiva, profitabilitas, dan likuiditas terhadap struktur modal perusahaan pertambangan di BEI.

Krisna, Putu Harry. Wiksuana, I Gusti Bagus. 2015. Penelitian tentang pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan non-debt tax shield terhadap struktur modal pada perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia.

Khairin, Mochamad Yahdi. Harto, Puji. 2014. Penelitian tentang pengaruh growth opportunity, profitabilitas, fixed asset ratio dan risiko pasar terhadap struktur modal.

Eviani, Anantia Dewi. 2015. Penelitian tentang pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, dividend payout ratio, likuiditas dan profitabilitas terhadap struktur modal.

Angelina, Kadek Irrine Devita. Mustanda, I Ketut. 2016. Penelitian tentang pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas pada struktur modal perusahaan.

Hakim, Arief Rahman. 2014. Penelitian tentang pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap struktur modal.

Widyaningrum, Yunita. 2015. Penelitian tentang pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan.

Published
2023-01-24
How to Cite
Alya Zalfi, Sefli Diana Roza, & Esi Sriyanti. (2023). Pengaruh Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 01-18. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1014