Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan (studi kasus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok)

  • Wahyu Sabri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Seflidiana Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
Keywords: Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, Motivasi, Kualitas Pelayanan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan (Studi kasus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok ). Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh Y= 0,404 + 0,197X1 + (-0,252X2) + 0,201X3 + 0,315X4 + e dan  uji t 2,473, [-2,505] ,3,487 dan 4,666 yang artinya bahwa variabel Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan, Struktur Organisasi berpengaruh negatif terhadap Kualitas Pelayanan, Kedisplinan berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan dan Motvias berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan. Dilihat dari nilai R Square 0,570 yang artinya Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan dan Motivasi berpengaruh sebesar 57% terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga 43% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari analisis uji f nilai fhitung adalah 21,542 > 2,51 yang artinya bahwa Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan dan Motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan.

 

 

 

 

References

Blanced, & Harsey. (2015). Kepemimpinan dan Manager (P. Alfabet (ed.); 4th ed.).
Busalamah, S. (2020). Pengaruh kepemimpinan dan kedisiplinan terhadap pegawai dengan komitmen sebagai variabel intervening padan kanwil direktorat sulawesi selatan. Emba, 2, 25.
Cahyadi. (2012). Kedisiplinan (P. Alfabet (ed.); 2nd ed.).
Fauzan. (2019). Kepemimpinan Karismatik dan kepemimpinan Visioner. Emba, 22(1), 12.
Fitri, D. (2019). Manajemen Perubahan, Kepemimpinan Transformasional, Struktur Organisasi, Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Benefita, 2, 13.
Francis, T. (2013). Struktur Organisasi (P. R. G. Persada (ed.); 3rd ed.).
Hasibuan. (2010). Struktur Organisasi dan Struktur Manajerial (P. Alfabeta (ed.); 2nd ed.).
Hasibuan. (2017). Kedisiplinan (P. Alfabeta (ed.); 4th ed.).
Kiswanto, M. (2010). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan Kaltim Pos Samarinda. Emba, 2, 30.
Marjaya, I. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Ilmiah, 2, 19.
Ngurah, I. G. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Dan Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rsj Menur Surabaya. 1, 21.
Partama, R. (2017). motivasi kerja dan kinerja. Bina Darma, Bogor.
Richard, D. (2010). Kepemimpinan Karismatik dan Visioner (P. R. G. Persada (ed.); 1st ed.).
Ridha, N. (2017a). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.
Ridha, N. (2017b). Proses penelitian, masalah, variabel, dan pradigma penelitian. Jurnal Hikmah, 14, 9 halaman.
Siagian, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (B. Angkara (ed.); 1st ed.).
Sriwahyuni, I. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Struktur Organisasi Terhadap Efektivitas Keputusan Pada Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo. Mandanarea, Medan.
Sugiyono. (2010). Metode pengumpulan data dan sumber data (P. Alfabeta (ed.); 1st ed.).
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D (alfabeta (ed.); 2nd ed.).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif ( cv alfabeta (ed.); 3rd ed.).
Tamami, & Sastra. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Sekretariat Dprd Kota Batam ). Jurnal Emba, 2(2), 1–25.
Terry. (2015). Kepemimpinan (P. Alfabet (ed.); p. 150).
Wirawan. (2015). Manajemen sumber daya manusia (PT Raja grafindo persada (ed.); 2nd ed.).
Yeni, A. (2022). Edukasi Pemahaman Kepemimpinan Dan Job Description Pada Perangkat Nagari Koto Laweh. Pengabdian Mandiri, 1, 1–8.
Yeni, A. (2023). Pengaruh Kemampuan Kerja (Work Ability) Dan Kualitas Kerja (Work Quality) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Sosial Kabupaten Solok. Ekonomi, 3, 1–12.
Published
2023-02-02
How to Cite
Wahyu Sabri, Afni Yeni, & Seflidiana Roza. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan (studi kasus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok). Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 76-88. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1090