Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Pelindo Regional I Cabang Belawan

  • Saha’aro Laia Universitas Potensi Utama
  • Ananda Fitriani Dewi Universitas Potensi Utama
Keywords: Motivasi, Kepemimpinan, Pengawasan, dan Disiplin Kerja.

Abstract

Disiplin kerja adalah suatu alat yang digunakan oleh para manajer untuk berkomunikasi dengan pegawai agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku dan untuk meningkatkan kesadaran juga kesediaan seseorang agar menaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku di sutau perusahaan.dan disiplin kerja terdiri dari beberapa variabel yaitu: Motivasi, kepemimpinan, dan pengawasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kepemimpinan dan pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai PT. Pelindo Regional 1 Cabang Belawan. Penelitian ini mnggunakan rumus slovin dan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisisdapat diketahui bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap Disiplin Kerja. Berdasarkan hasil uji SPSS pada data Anova dalam kolom Adjusted R Square = 0.662, maka seluruh variabel berpengaruh terhadap Variabel Disiplin Kerja sebesar 66,2% dan sisanya yaitu 33,8% dipengaruhi oleh Variabel lain di luar persamaan regresi ini atau Variabel yang tidak diteliti.

 

 

References

Afandi, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (Bkpsdmd) Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara, 3(2), 1–11.

Kusmayati, N. K. (2018). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, Sanksi Dan Penerapan Absensi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada PT. TIKI Cabang Surabaya. MediaMahardika,16(2).

Maharani, S. A., & Suhermin. (2018). Pengaruh Pengawasan Atasan, Pemberian Sanksi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja. Jurnal Ilmu DanRisetManajemen,7(1),1–16.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,2(1).

Sinaga, S. D., & Sinulingga, N. A. B. (2018). Pengaruh Motivasi , Pengawasan , Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT . Nagalan Maju Bersama. Journal of Management Science (JMAS), 1(4).

Sugiyatmi, Minarsih, M. M., & Gagah, E. (2019). Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Bina San Prima. Journal Of Management,2(2).

Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Pln (Persero) Apd Semarang). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 7(2).

Syahrianti, N., Hasmin, H., & Gunawan, G. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja, Pengawasan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Management, 1(1).

Wiyenny, S., Tarigan, I., & Syawaluddin. (2019). Analisis Pengaruh Motivasi Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pt.Tanimas Edible Oil Medan. Jurnal Bisnis Kolega, 5(2)

Published
2023-02-02
How to Cite
Saha’aro Laia, & Ananda Fitriani Dewi. (2023). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Pelindo Regional I Cabang Belawan. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 119-130. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1097