PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN MAJU BERSAMA (STUDI KASUS KONSUMEN SWALAYAN MAJU BERSAMA KAPTEN MUSLIM)

  • Adeliyansah Situmorang Universitas Potensi Utama
  • Ananda Fitriani Dewi Universitas Potensi Utama
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Konsumen

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data koesioner, wawancara, dan observasi. penarikan jumlah sampel menggunakan rumus simple random sampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Hsil dari penelitian ini adalah, maka Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Pada Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Kemudian dalam penelitian diketahui variabel Harga (X1) dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen di Swalayan Kapten Muslim.

 

 

References

Anwar, Iful. 2015. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 4(12)

Apriwati, Sholihat. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie.” Jurnal Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat 5(1).

Arianto, Nurmin. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 1(2). p-ISSN 2598-0823, e-ISSN 2598-2893.

Aris, Budiono. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 17(2). p-ISSN 0216-5287, e-ISSN 2614-5839.

Asrizal, Efendy Nasution dan Muhammad Taufik Lesmana. 2018. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (studi kasus pada Alfamart di kota Medan).” Jurnal Seminar Nasional Vokasi Indonesia 1(1):83-84. e-ISSN 2654-6493.

Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi terhadap Keputusan 1*. 1. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1

Halim, F., Zukhruf Kurniullah, A., Butarbutar Efendi, M., Sudarso, A., Purba, B., Lie Sisca, D., Mangiring Parulian Simarmata Lalu Adi Permadi, H., Novela Editor, V., Watrianthos Desain Sampul, R., Kreatif Kita Menulis, T., & Yayasan Kita Menulis, P. (n.d.). Manajemen Pemasaran Jasa.

Ineke, Chintya Novalia dan Abid Muhtarom. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV.Boga Lestari.” Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA) 1(1). ISSN 2715-9094.

Jackson R.S Weenas.(2020). “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian SPING BED COMFORTA.” Jurnal EMBA 1(4) :609.ISSN: 2303-1174

Kurniasari, Nova Dhita dan Suryono Budi Santoso. 2013. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada konsumen warung steak and shake cabang Jl.Sriwijaya 11 Semarang.” Diponegoro Journal Of Management 2(2):3-4. ISSN 2337-3792.

Ananda Fitriani Dewi, 2019. Pengaruh Kompensasi Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Gresik Cipta Sejahtera Cabang Medan. Accumulated Journal, Vol. 1 No. 2 July 2019. ISSN: 2656-4203.

Published
2023-02-02
How to Cite
Adeliyansah Situmorang, & Ananda Fitriani Dewi. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN MAJU BERSAMA (STUDI KASUS KONSUMEN SWALAYAN MAJU BERSAMA KAPTEN MUSLIM). Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 131-144. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1098