Pengaruh Promosi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pasar Swalayan Maju Bersama JL. Kapten Muslim No. 71 Dwi Kora Kec. Medan Helvetia

  • Febri Theresia Simorangkir Universitas Potensi Utama
  • Nahar Maganda Saragih Universitas Potensi Utama
Keywords: Promosi, Kelengkapan Produk, dan Kepuasan Pembelian

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Untuk mengetahui pengaruh promosi dan kelengkapan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda atau statistik deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For Windows. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Secara parsial kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Promosi dan kelengkapan produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.

 

 

References

Alang, Syamsu, 2016. “Analisis Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Luwak Pada Mahkota Luwak Liwa-Lampung Barat”. Jurnal Administrasi dan Manajemen 9 (2): 147-149.

Arianto, Nurmin, dan Eramaya Patilaya, 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk SALT n PEPPER Pada PT. Mitra Busana Sentosa Bintaro.” Jurnal Kreatif : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan 6 (2): 143-154.

Ahyar, Hardani, Dhika Juliana Sukmana dan Helmina Andriani : 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Bawono, Adhi, Isnawakarma, Kusuma Arif, dan Yohanes Jhony Kurniawan, 2017. “Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online.” Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan 2 (2): 131-144.

Habibullah, Ardian, 2021. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pocari Sweat di Kota Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 10 (3): 3-11.

Halawa, Putri Juliani Friska, 2021. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bintang Sumatera.” Universitas Potensi Utama.

Harahap, Dedy Ansari, 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan.” Jurnal Keuangan dan Bisnis 7 (3): 221-242.

Kurniawan, Agung Widhi dan Zarah Puspitaningtyas : 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pandiva Buku.

Koto, D.K.F. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Lestari, Ayu, 2021. “Pengaruh Kebijakan Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Waroeng Steak & Shake Jl. Tengku Amir Hamzah Medan (Studi Kasus Pengunjung Waroeng Steak & Shake).” Universitas Potensi Utama.

Nadhifah, Noor Iffain, Suharni, dan Frestina Bhakti, 2021. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Beat Pada CV. Cahaya Bonanza Abadi.” Jurnal Ilmu Manajemen 9 (2): 44-45.

Purnama, Nadia Ika, Mhd. Fauzan Habibi Nasution dan Rini Astuti, 2018. “Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan konsumen di 212 Mart.” Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi 3 (1): 74-86.

Nahar Maganda Saragih, Faisal Amir Harahap, Mutiara Sovina, 2021. Pelatihan E-Commerce Guna Meningkatkan Efektivitas Dan Efesiensi Pemasaran Hasil Tambak Masyarakat Desa Palu Mahan.

Published
2023-02-02
How to Cite
Febri Theresia Simorangkir, & Nahar Maganda Saragih. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pasar Swalayan Maju Bersama JL. Kapten Muslim No. 71 Dwi Kora Kec. Medan Helvetia. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 145-164. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1099