ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. ANUGERAH SUMATERA SAMUDERA ABADI (ASSA) PONDOK BATU KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Authors

  • Yuli Ameliana STIE Al-Washliyah Sibolga-Tapanuli Tengah
  • Mansur Tanjung STIE Al-Washliyah Sibolga-Tapanuli Tengah
  • Sriayu Aritha Panggabean STIE Al-Washliyah Sibolga-Tapanuli Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1145

Keywords:

Bauran pemasaran dan minat beli konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada PT. Anugerah Sumatera Samudera Abadi (ASSA) Pondok Batu Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilakukan padaPT. Anugerah Sumatera Samudera Abadi (ASSA)  Pondok Batu Kabupaten Tapanuli Tengah, yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Pondok Batu Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan April 2022 sampai bulan September 2022.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah konsumen sebanyak 350 orang rata rata perminggunya, dikarenakan jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil 10 % dari jumlah populasi untuk dijadikan sampel yaitu sebanyak 35 orang.

Dari hasil analisi penelitian dapat diketahui bahwa dari perhitungan instrument penelitian, diperoleh hasil antara variabel X dan Y setiap butirnya dinyatakan valid karena nilai Corrcted item total lebih besar dari nilai r kritis (0,30), Dari perhitungan instrument data penelitian, diperoleh hasil antara variabel X dan Y dinyatakan reliabel karena Cronbach Alpha berada diatas 0,60. Terdapat hubungan positif antara bauran pemasaran dengan minat beli yang dapat dibuktikan melalui perhitungan koefisien korelasi dengan hasi korelasi sangat kuat sebesar = 0,816

Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 66,5 %, hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat (minat beli) sebesar 66,5 % ditentukan oleh variabel bebas (bauran pemasaran) dan sisanya sebesar 33,5 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, seperi variabel pelayanan, kualitas produk, komunikasi pemasaran, kelancaran pendistribudian dan lain-lain Dari uji hipotesis yang dilakukan dan dengan membandingkan antara nilai t hitung dengan nilai t tabel didapat bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,098 > 2.033) ini berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternative (Ha)

 

 

References

Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Dwi Pratowo dan Rifka Julianty. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Istijanto. 2010, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Afif, Faisal. 2012. Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan. 5. Bandung : CV Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, Sofyan. 2013 .Manajemen Pemasaran (dalam konsep dan strategi), Jakarta : RajawaliGrafindo.
Azwar, Ahmad. 2007. Metode penelitian. Jakarta : Raja Grafindo P.arsada.
Basuswastha dan Irawan. 2010 Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi, edisi pertama. Jakarta : Raja Grafindo.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.
Carthy, Jerome. 2011. Performance Mangement, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 3, Jakarta : PT. SUN.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23. Semarang : Universitas Diponegoro.
Kartajaya, Hermawan. 2010. Syariah Marketing. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Irawan, Handy. 2008. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Kasmir. 2006. Etika Customer Service. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2004 Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Dan Pengendalian. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan Jakarta : PT Indeks.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi 12, cetakan pertama, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Jakarta : PT. Erlangga.
Kotler, Philip. 2012. Bisnis Kontemporer. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan Jakarta : PT Indeks.
Kotler dan Amstrong. 2016. Principles Of Marketing. Edisi13. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan Jakarta : PT Indeks.
Kusnanto. 2011. Customer Service, Jakarta : Penerbit Raja Grafindo Persada.
Panggabeang, Sriayu Aritha dan Kaharuddin. (2021). Etika Bisnis Dalam Perspektif Hukum
Islam. Citra Justicia Majalah Jukum dan Dinamika Kemasyarakatan. Vol. 22.hal.77-86.
Rahmayanti, Nina. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Varadarajan, Rajan. 2011. Manajemen Strategis Daya Saing Globalisasi, Buku Satu, Jakarta : Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. 2008. Etika Customer Service, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Penelitian), Yogyakarta : Andi Offset.
Situmorang dan Lufti. 2012, Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS), Medan : USU Press.
Stanton, William. 2011. Bauran Pemasaran, Edisi VII, Jilid ke-2, Jakarta : Erlangga.
STIE Al - Washliyah Sibolga / Tapanuli Tengah, 2020, Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi / Laporan Penelitian . Sibolga : STIE Al- Washliyah Sibolga/ Tapanuli Tengah.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
------------. 2010. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
------------ 2012. Metode Penelitian Bisnis, cetakan ke enam belas, Bandung : Alfabeta.
------------- 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih. 2006. Landasan Psiklogi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sumarmi dan Soeprihanto. 2010, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar, Jakarta : Rineka Cipta.
Sunarto. 2013. Manajemen Produktivitas Total. Jakarta : Gramedia.
Surahman. 2014. Penerapan Total Quality Management terhadap peningkatan kepuasam konsumen. Skripsi. Jakarta : Fak. Ekonomi Universitas Pancasila.
Suteja, Ramdhi. 2013. Pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan jumlah konsumen. Skripsi. Jakarta : Fak. Ekonomi Universitas Pancasila.
Tanjung, Mansur. 2021. Mekanisme Anggaran Biaya Pemasaran Terhadap Target
Penjualan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Sayriah. Vol.2.hal.56-68.
Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Jasa, Yogjakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran, Malang : Bayu Media.
Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.
Yasid. 2005. Perilaku Industri dan Organisasi, Jakarta : UI-Press

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Yuli Ameliana, Mansur Tanjung, & Sriayu Aritha Panggabean. (2023). ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. ANUGERAH SUMATERA SAMUDERA ABADI (ASSA) PONDOK BATU KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 327–346. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1145