Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Ade Fadillah FW Pospos IAIN Langsa
  • Meliana Fiteri IAIN Langsa
  • Abdul Hamid IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1280

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam, Belanja Online.

Abstract

Berbelanja secara online lebih didorong oleh keinginan semata. tanpa memperhatikan  apa kegunaan barang- barang yang dibeli. Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam penawaran mulai dari gratis ongkir, potongan harga, dan bisa bayar ditempat. Sehingga mendorong mahasiswa untuk terus berbelanja tanpa memikirkan kegunaanya. Jika hal ini diabaikan maka akan berdampak pada keungan, sehingga pengeluran semakin banyak, uang yang seharusnya di tabung atau digunakan untuk kebutuhan mendatang habis begitu saja hanya untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Didalam Islam telah di ajarkan dalam berbelanja harus mengutamakan kebutuhan, bukan sekedar keinginan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online  yang ditinjau dari ekonomi Islam dan faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Langsa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Informan penelitiain sebanyak 7 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknis analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melalui tahap pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online yang ditinjau dari ekonomi Islam yaitu membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, munculnya penilain bahwa membeli produk dengan harga yang mahal akan menimbulkan percaya diri yang tinggi, membeli produk karena adanya diskon atau potongan harga (bukan atas dasar manfaat dan kegunaanya) dan membeli produk sejenis dengan merek yang berbeda.  Faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif karena faktor uang saku, faktor iklan dan faktor pertemanan.Perilaku berbelanja online seperti ini tidak sesuai lagi dengan konsumsi Ekonomi Islam.

 

Kata Kunci: 

References

Ahmad Yusuf dan Muhammad Yusuf. 2012. Expert. Yogyakarta.

Amir M Tuafiq. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Andrian. 2019. Bisnis Dan Manajemen, Vol, 3 No.1.

Aprilia & Hartoyo. 2014. Sosiologi. Vol.15, No. 1.

Assauri Sofjan. 2002. Manajmen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Assauri Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aziz Abdul. 2008. Ekonomi Islam Analisis Mikro Dan Makro. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budiman Aref, Heru Nugroho. 2008. Reformasi Politik, Kebangkitan Agama Dan Konsumerisme. Yogyakarta: Interfidei.

Coleman, James S. 2011. Dasar-Dasar Teori Social. Bandung : Nusa Media.

Damiati dkk.n 2013. Prilaku Konsumen. Depok : PT Raja Grafindo Persada. .

Ghoni Abdul dan Tri Bodroastiti. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, Semarang.

Hartiyah Sri. Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.

Hasi Wawancara Oleh Cici Fahirah ( Gemar Berbelanja secara Online) Kampus IAIN Langsa, Tanggal 18 maret 2022.

Hasil Observasi Dengan Azura Tirsya, Tanggal 8 September 2021

Hasil Observasi Dengan Novie Rahmawati, Tanggal 8 September 2021

Hasil Wawancara Oleh Ayya ( Gemar Berbelanja Secara Online) Kota Langsa, Tanggal 22 Maret 2022

Hasil Wawancara Oleh Azura Tirsya ( Gemar Berbelanja Secara Online) Kampus IAIN Langsa,Tanggal 16 Maret 2022.

Hasil Wawancara Oleh Dian Maulana ( Gemar Berbelanja Secara Online) Kampus IAIN Langsa, Tanggal 21 Maret 2022.

Hasil Wawancara Oleh Nabila Ulfa ( Gemar Berbelanja Secara Online) Kampus IAIN Langsa, Tanggal 22 Maret 2022.

Hasil Wawancara Oleh Novie Rahmawati (Gemar Berbelanja Secara Online) Kota Langsa, Tanggal 14 Maret 2022

Hasil Wawancara Oleh Salda Magfirah ( Gemar Berbelanja Secara Online) Kampus IAIN Langsa, Tanggal 23 Maret 2022

Https://Quran.Kemenag.Go. Id/Index.Php/Sura/7/31 diakses Pada 28 September2021

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210122114013-37-217989/bi/proyeksi-transaksi-e-commerce-tahun-ini-tembus-rp-337t. diakses pada 7 September 2021.

https://www.sirclo.com/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/. diakses pada 7 September 2021.

https:/katadata.co.id/berita/2019/08/23/cetakberjuangan-rp-54-t-shopee-e-commerce-terpopuler-di-sia-tenggara. diakses pada 7 September 2021.

Kotler Philip, Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler Philip. 2005. Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta:PT Indeks kelompok gramedia

Kotler Plihip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Edisi Millennium.

Kussudyarsana. Manajemen dan Bisnis Vol. 12 No. 2, 2008.

leon Schiffman dan Leslie Lazar kanuk. 2007. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks.

Lina Ddk. 2008 . Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus Of Control Pada Remaja Putri. Jakarta : Grafindo.

Margono.s. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saputra Dwi Sumarno, Bigat Fiorentinus Bigat Anung 2015. Ekonomi Dan Kewirausahan ,Vo1,15,No.2.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfebeta.

Sumarno Dwi Saputra dan Fio Rentinus Bigar Anung Anandita. Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol,15. No.2

Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan. Bandung: Alfabeta.

Suryani Tatik. 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tahzeh Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Downloads

Published

2023-02-18

How to Cite

Ade Fadillah FW Pospos, Meliana Fiteri, & Abdul Hamid. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 347–356. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1280