Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Jakarta)

  • Dwi Kristanto Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Hasan Ipmawan Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Aris Wahyu Kuncoro Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Pambuko Naryoto Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Maruji Pakpahan Universitas Budi Luhur Jakarta
  • Koen Hendrawan Universitas Budi Luhur Jakarta
Keywords: Kualitas Produk, Promosi Penjualan, Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Jakarta. Metode pengumpulan data meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dilakukan dengan cara observasi langsung ke tiga toko yang menjual produk Samsung di Jakarta, observasi ini meliputi wawancara langsung dan penarikan pendapat konsumen tentang variabel penelitian yang diteliti menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Sedangkan metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Febrian. (2020, Mei 18). IDC Indonesia : Smartphone Market Posts a New Record Low in Shippment Impacted by COVIS-19. IDC Media Center. Diakses dari https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP46346820
Hasibuan, Nanda Hanafi Setia Fadli dan R.R. Rieka F. Hutami. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Kota Bandung, 7, (1), 251. ISSN : 2355-9357.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15th Edition. London : Pearson Education.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2014). Principles of Marketing 15th Edition. London : Pearson Education.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th Edition. New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip, Veronica Wong, John Saunders dan Gary Amstrong. (2005). Principles of Marketing 14th Edition. London : Pearson Education.
Purnomo, Rochmat Aldy. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo : CV. Wade Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Syamruddin dan Fhadilah Nur Hakim. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi (Studi kasus MI Fans Jakarta dan Depok). 2, (1), 147-161. ISSN : 2615-1995.
Tifanny Yulianti Radjapati, Willem J.F.A Tumbuan dan Djurwati Soepeno. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Kartu Tekomsel di Tobelo. 6, (4), 2428-2437. ISSN : 2303-1174.
Published
2023-05-09
How to Cite
Dwi Kristanto, Hasan Ipmawan, Aris Wahyu Kuncoro, Pambuko Naryoto, Maruji Pakpahan, & Koen Hendrawan. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Jakarta). Jurnal Bintang Manajemen, 1(2), 84-97. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i2.1382