Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja

  • Trivika Tambing Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Althon K Pongtuluran Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Chrismesi Pagiu Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: Ease of Use of Applications, Customer Experience, Purchasing Decisions

Abstract

The purpose of this research is to find out whether there is an effect of ease of use of the application and customer experience on purchasing decisions in the Shopee marketplace for students of the Faculty of Economics, Toraja Christian University of Indonesia. Data collection procedures from this study are: observation and questionnaires. The data analysis technique is quantitative with multiple linear regression tests. The results of calculations with the F test obtained the results of F count, 80.828 with F table 3.959. Based on the results of calculations with the T test on the ease of use variable, the results of T count (1.351) < T table (1.989) and on the customer experience variable, the results of T count (6.565) > T table (1.989). The conclusion of this study is that the ease of use variable does not affect purchasing decisions on the Shopee marketplace for students of the Toraja Christian University's economics faculty and the customer experience variable influences purchase decisions

References

Ahmawati, A. I. (2021). Sejarah Artikel: Diterima Disetujui Dipublikasikan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Raja Grafindo Persada. Depok.
Assegaff, S. (2015). Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Online Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Online) terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online: Prespektif Konsumen di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(Nomor 3), 463–473.
Azmi, F. N., & Sudaryana, A. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, E-service Quality, Online Consumer Reviews dan Online Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Jurnal Akmenika, 18(2), 1-18.
Chadhiq, U. (2017). Memahami Perilaku Konsumen Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 59–72.
Chong, D., & Ali, H. (2022). Literature Review: Competitive Strategy, Competitive Advantages, and Marketing Performance on E-Commerce Shopee Indonesia. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(2), 2715–419.
Foster, B. (2017). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora serta Berrybenka. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.56457/jimk.v5i1.40
Hariadi, R. D., & Sulistiono, S. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 1–12.
Hayati, Iftitah. (2021). “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kemudahan Menggunakan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Aplikasi Shopee Di Tambakromo Pati.” Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah 20.
Mailia, J. (2020). Pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan o’chicken gobah ditinjau dari ekonomi syariah. In Ekonomi Syariah.
Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204
Nasution, T. A. (2020). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Putra, Eko. (2020). “Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Mahasiswa STIE Pasaman ).” Jurnal Apresiasi Ekonomi 8(3):467–74.
Perdana, A. S. (2019). Pengaruh Kemudahan Pengguna Aplikasi, Pengalaman Berbelanja, Kepercayaan Konsumen, dan Promosi di Situs Jual Beli Online Shopee. Psikologi Perkembangan, 155.
Putri, Meissy Triana.( 2022). “Pengaruh Flash Sale Dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Pekanbaru).”
Rubiati, & Heriyana. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis,1 (1).
Sandi, B. (2017). Pengaruh E-Wom dan costumer experience terhadap keputusan pembelian produk pakaian di situs jual beli online Tokopedia. Management and Business Review, 1(2), 106–115. https://doi.org/10.21067/mbr.v1i2.4766
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Williianti. (2020). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Wiyata, M. T., Studi, P., Bisnis, A., Putri, E. P., Studi, P., Bisnis, A., Gunawan, C., Studi, P., & Bisnis, A. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease of Use , Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. 3(April), 11–21.
Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61.
Published
2023-11-02
How to Cite
Trivika Tambing, Althon K Pongtuluran, & Chrismesi Pagiu. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 162-173. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2261