Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Buket pada Barung Bouquet Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara

  • Ira Utami Ramba’ Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Althon K. Pongtuluran Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Chrismesi Pagiu Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: Product Quality, Social Media Marketing Instagram, Purchase Decision

Abstract

The purpose of this study was to determine whether product quality and social media marketing instagram affect bouquet purchasing decisions at Barung Bouquet. The data collection procedures of this study are: Questionnaires and documentation. The data analysis technique is quantitative with multiple linear regression tests. The partial test results (T test) show that the variables of purchasing decisions and social media marketing instagram affect the decision to purchase a bouquet at Barung Bouquet. Meanwhile, the results of simultaneous testing (F test) show that the variables of product quality and social media marketing instagram affect the decision to purchase a bouquet at Barung Bouquet.

References

Adriyani & Zukarnaen. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 1(2):80-103.
Afifah, K. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.
Ariesandy, P., & Dinda, A. Z. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfameshop. e-Proceeding of Management, 6(2):2767-2772.
Ariella, I. Rizqullah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Maxelnid. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2):215-221.
Anggraeni, A.R dan Soliha, E. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3):96-107.
Budiyanto, T. (2016). Strategi Promosi, Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(40):488-500.
Ena, Maria Yalinta., Antonio., & Wehelmina. (2019). Pengaruh Diferensiasi, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal Of Management, 10(3):299-310.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17-32. doi:10.20527/jwm.v7i1.173
Gain et all. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(2):142-150.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (IX). Badan Penerbit-Undip.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Principle of Marketing. 12th Edition. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran Jakrta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kurniasari, M & Agung B. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai varabel Intervening pada J.CO Donuts & Coffee Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politics, 1-7.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. (A. Maulana & W. Hardani, Eds.) (Ketiga Belas). jakarta: Erlangga
Mileva, L., & Fauzi, D. A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.
Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11.
Pandensolang, Josiel Driand & Hendra N. Tawas. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3):1113-1124.
Peter, Paul J. & Jerry C. Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1 Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.
Purbarani H.P & Suryono B. Susanto. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Larissa Aesthetic Center Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 2(3):1-9.
Sari, R. Mustik & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah Manjemen, Ekonomi dan Akuntansi (JIMEA), 5(3):1171-1184.
Sapitri et all. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian di Flashy Shop Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1):25-31.
Susanto, P & Nella Rahma. (2013). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Hrga terhadap Minat Beli pada Sepeda Fixie di Kota Padang. Jurnal Kajian Mnajemen Bisnis, 2(1):59-71.
Sarah, K.S., Huriyanti & Hendrayanti. (2021). Analisis Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Porduk Clothing linkswear. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12:412-428.
Seto, A. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Sederhana Dan Perencanaa Keuangan Pada Ocica Gift. Jurnal Pengadbidan Kepada Masyarakat, 2(4):4767-4774.
Seto, A. A., Anggara, F. S. A., Siburian, H. K., Febrian, W. D., Aji, S. P., Firdaus, A., Agrosamdhyo, S., Wahdiniawati, S. A., Syahputri, A., Yuliana, Widjaja, W., Soepriyadi, I., & Sianturi, L. T. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suari et al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1):26-33
Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria Di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2):89-97.
Tiya, M., Suari, Y., & Luh N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1):26-33.
Upadana, M & Komang. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kpeutusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5):1921-1941.
Published
2023-11-03
How to Cite
Ira Utami Ramba’, Althon K. Pongtuluran, & Chrismesi Pagiu. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Buket pada Barung Bouquet Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 219-231. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2268