Villa Bukit Sekipan Tawangmangu Sebagai Daya Tarik Wisata Family Gathering

  • Emmelia Nadira Satiti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Pengelolaan, Fasilitas, dan Objek Wisata , daya Tarik wisata

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keistimewaan wisata keluarga di kawasan bukit sekipan Tawangmangu. Bukit Sekipan sendiri terletak di dataran tinggi dengan udara yang dingin dan dalam satu kawasan dilengkapi dengan banyak tempat wisata antara lain taman balekambang, kebun petik stroberi, hutan , dan restoran. Dengan adanya Villa di daerah sekipan, maka menambah daya Tarik wisatawan untuk singgah di derah tersebut hal tersebut secara langsung membuat minat berkunjung di daerah bukit sekipan meningkat.

Menggunakan penelitian deskreptif kualitatif dengan  teknik pengumpulan data nya  mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah bagian pengembangan, staf pengelola Objek Wisata Villa, Pengunjung dan juga pemilik villa . setelah dilakukan penelitian di dapatkan hasil ditemukan yaitu yang berkaitan dengan pengelolaan fasilitas wisata villa antara lain :1) Menata fasilitas parkir, toilet, resto dan jalan, hanya pada saat wisatawan ramai datang ke objek wisata villa. 2) Cara pengelola villa berikut dengan fasilitasnya. 3) Memberikan kemudahan bagi wisatwan untuk mengakses atau melakukan booking jarak jauh. Dengan demikian maka diharapkan minat wisata gathering ini akan meningkat.

 

References

Daft, R. L. 2010. Manajemen. 6th ed. vol. 1. Jakarta: Salemba Empat.
David, F.R. (2010). Strategic management concepts and cases. 12th ed. New Jersey: Pearson Education. Kepmen Parekraf No. 9 Tahun 2014 tentang Pondok Wisata atau Homestay.
Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. Permen Parekraf No. 29 tahun 2014 tentang Standar Usaha Vila.
Stynes, D. J., D. B. Propst, W.H. Chang and Y.Y. Sun. 2000. Kontribusi. Dikutip dari Wikipedia, http://id.wikipedia.org.pada tanggal 23 Januari 2016
Published
2023-02-08
How to Cite
Emmelia Nadira Satiti. (2023). Villa Bukit Sekipan Tawangmangu Sebagai Daya Tarik Wisata Family Gathering. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(1), 95-104. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i1.1123