Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelayanan Anggota Pada KSP Kopdit Sube Huter

  • Yohana Octaviana Oncu Lid Pagan Universitas Nusa Nipa
  • Wilhelmina Mitan Universitas Nusa Nipa
  • Yoseph Darius Purnama Rangga Universitas Nusa Nipa
Keywords: Koperasi; Kinerja Karyawan; Pelayanan Anggota, Strategi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kinerja karyawan pada KSP Kopdit Sube Huter. Strategi peningkatan kinerja karyawan adalah cara atau metode yang digunakan koperasi untuk memaksimalkan tingkat keberhasilan karyawan dalam melaksanakan tugas serta kemampuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja karyawan dinyatakan baik dan sukses jika tujuan yang diinginkan koperasi dapat tercapai dengan baik. Metode analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang berusaha menjelaskan sedetail mungkin objek serta masalah berdasarkan hasil pengamatan penulis, hasil wawancara, dan dokumentasi yang penulis peroleh berupa Laporan  RAT (Rapat Anggota Tahunan) KSP. Kopdit Sube Huter dan Buku Peraturan Perusahaan KSP. Kopdit Sube Huter Tahun 2020 – 2022. Adapun dari hasil kajian ini menunjukan bahwa KSP. Kopdit Sube Huter telah menerapkan empat (4) strategi dalam meningkatkan kinerja karyawannya yaitu; Pendidikan dan Pelatihan, Perekrutan karyawan melalui tahapan seleksi, Penegakan Aturan dan Kebijakan bagi Karyawan, dan Penilaian Kinerja Karyawan.

References

A Jajang W. Mahri. 2006. Pelayanan Dan Manfaat Koperasi, Serta Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Anggota. Jurnal. Tasikmalaya : Universitas Pendidikan Indonesia.
Desi Marlina. 2018. Strategi Pelayanan Customer Service Dan Teller Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di Bank Rakyat Indonesia (Bri) Syariah Metro Tahun 2018. Skripsi. Kota Metro : Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.
Dewi Panuntun. 2017. Hubungan Antara Kemampuan Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Pada Karyawan Bagian Tata Usaha Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi. Purwokerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta. 33 hal.
Fandi, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta : Andi.
Firman Johari. 2013. Strategi Peningkatan Mutu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Jahit Sahlan Tailor Makassar. Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hendar, Kusnadi. 2005. Ekonomi Koperasi .Jakarta : Fakultas Ekonomi UI.
Laporan RAT KSP. Kopdit Sube Huter Tahun 2019, 2020, dan 2021.
Lijian Poltak Sinambela. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia : Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta : Bumi Aksara.
Michael Armstrong. 2021. Manajemen Kinerja : Handbook manajemen SDM. Terjemahan : Lita Yusron. Nusamedia. 53 hal.
Miftah Sahara, Mohammad Faizal, Meriyati. 2022. Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT. Asuransi Jasindo Syariah Cabang Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK): Vol. 1, No. 2, Juli 2022.
Muhammad Arfah. 2021. Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Bulumario Kota Pasangkayu. Jurnal Ilmu Manajemen : Vol.5 Nomor 1 Februari 2021. Makassar : Politeknik Informatika Nasional Makassar.
Muhammad Furqoni. 2014. Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Jurnal. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Novia R. Silaen, Syamsuriansyah, dkk. 2021. Kinerja Karyawan. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.
Novitasuci Wulandari. 2020. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Swalayan Kud Sukomaju Desa Gelanglor Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Ponorogo : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nur Rohmah. 2018. Strategi Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pelayanan Masyarakat Di Kua Kalirejo Lampung Tengah. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Perusahaan KSP. Kopdit Sube Huter Tahun 2020 – 2022.
Puji L. T. Sihombing, Maria U. Batoebara. 2019. Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan di Cv Multi Baja Medan. Jurnal Publik Reform Undhar Medan Edisi 6 Juni 2019.
R. Toto Sugiarto, dkk. 2021. Seri Ensiklopedia Koperasi: Arti, Fungsi, dan Peran Koperasi. Landasan Koperasi Serta program dan Anggaran Koperasi. Hikam Pustaka.
Rudianto. 2006. Akuntansi Koperasi. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
Zainul F. Drakel. 2019. Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal HOLISTIK, Vol. 12 No. 2/ April – Juni 2019.
Published
2023-01-22
How to Cite
Yohana Octaviana Oncu Lid Pagan, Wilhelmina Mitan, & Yoseph Darius Purnama Rangga. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelayanan Anggota Pada KSP Kopdit Sube Huter. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(1), 205-223. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i1.1146