Peran Badan Pengawas Koperasi Dalam Pengelolaan Koperasi Sebagai Upaya Meningkatkan Sistem Pengendalian Internal (Studi Kasus Pada KSP Kopdit Suru Pudi Koting)

  • Maria Ernestina Da Rato Universitas Nusa Nipa
  • Wilhelmina Mitan Universitas Nusa Nipa
  • Paulus Libu Lamawitak Universitas Nusa Nipa

Abstrak

                Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran badan pengawas koperasi dalam pengelolaan koperasi sebagai upaya meningkatkan sistem pengendalian internal pada KSP Kopdit Suru Pudi Koting. Pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Jenis penulisan ini menggunakan analisis deskritif kualitatif. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa peran badan pengawas koperasi dalam meningkatkan sistem pengendalian internal pada KSP Kopdit Suru Pudi Koting pengawas harus memperhatikan beberapa hal yaitu melakukan pemetaan risiko dan melakukan penilaian terhadap seluruh aktivitas pengendalian yang dilakukan manajemen untuk dapat mndeteksi permasalahan yang muncul ataupun yang sudah terjadi. Sehingga sistem pengendalian internal dapat berjalan secara efektif.

Referensi

Adriana, Betha. 2006. Peran Badan Pengawas dalam memajukan Koperasi. Padang: Univeritas Andalas.
Anoraga Panji dan Ninik Widiyanti,2007.Dinamika Koperasi, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Buku RAT KSP Kopdit Suru Pudi Tahun 2021.
I Gusti Agung Wisudawan.2015. Peranan Pengawas Dalam Rabgka Meminimalisir Terjadinya Penyalahgunaan Kewenangan Oleh Pengurus Yang Merugikan Anggota Lembaga Keuangan Koperasi.Jurnal : Vol. 9 No. 1.Mataram : Fakultas Hukum Universitas Mataram.
Meitha Djohan Oe. 2009. Tanggung Jawab Badan Pengawas Dalam Koperasi Badan Usaha Berbadan Hukum. Artikel Ilmiah. Lampung : Universitas Bandar Lampung.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.3 Tahun 2020 Tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Tugas dan Tanggungjawab Pengawas KSP Kopdit Suru Pudi.
Revi Arfamaini, Tjiptohadi Sawarjuwono. 2014. Peran Pengawas Dalam Menerapkan Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pada Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Jawa Timur.Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis : Tahun XXIV No. 1. Jawa Timur: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Airlangga.
Robi Ilham Rizki. 2018. Implementasi Fungsi Pengawasan Pada Koperasi Unit Desa Berdikari Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari.Artikel Ilmiah. Jambi : FKIP Universitas Jambi.
Diterbitkan
2023-01-22