Analisis Peranan Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan UMKM Pada KSP Kopdit Ikamala

  • Maria Yomianti Poling Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Henrikus Herdi Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Paulus Libu Lamawitak Universitas Nusa Nipa Indonesia
Keywords: Peran, Koperasi Simpan Pinjam, UMKM

Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan peranan koperasi simpan pinjam dalam upaya pengembangan UMKM pada KSP Kopdit Ikamala. Penelitian ini menggunakam pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan penelitian ini adalah 5 orang yang terdiri dari 2 orang pegawai KSP Kopdit Ikamala dan 3 orang pengusaha UMKM Bina’an KSP Kopdit Ikamala. Hasil penelitian menunjukan bahwa KSP Kopdit Ikamala memiliki peran dalam pengembangan UMKM sebagai penyedia modal usaha, penyimpan uang selain Bank, memenuhi permodalan UMKM dan memberdayakan ekonomi masyarakat namun dalam perkembangan UMKM, KSP Kopdit Ikamala masih rendah kemampuan SDM-Nya, lemahnya tata kelola, dan belum optimalnya pembinaan dari pemerintah sehingga perlunya perhatian karena belum ada mekanisme pengawasan terhadap aktivitas KSP seperti halnya pada Bank yang dilakukan oleh BI.

References

Anonim, 2007, Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Jakarta.
Arief, Subyantoro, Aryono dan Tacobus, Sudaryoto. 2015. Manajemen Koperasi. Yogyakarta: Penerbit Gosyen Publishing.
Faolina, D. (2017). Peran Koperasi Syariah Dalam Pembiayaan Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Kasus di KJKS BMT Insan Mandiri Sragen), Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fatimah & Darna. (2011), Peranan Koperasi Dalam Mendukung Permodalan Usaha Kecil Dan Mikro (UKM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 127-138.
Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi dengan Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Manajemen dan Kewirausahaan Koperasi. Semarang: Erlangga.
Munir; Indarti. (2011). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Pada Koperasi Simpan Pinjam “Cendrawasih” Kecamatan Gubug Tahun Buku 2011. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 1.
Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor
14/Per/M.KUKM/XII/2009 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri
Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor
20/Per/M.KUKM/XI/2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian
Kesehatan. Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan.
R Adi – Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis, 2022 – journal.ar-raniry.ac.id
Revrisond Baswir. (2013). Koperasi Indonesia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Graha. Ilmu.
Rudianto.2006. “Akuntansi Koperasi”, Jakarta : Grafindo.
Sulaeman. (2014). Analisis Peranan Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan UMKM Di Kabupaten Malang. Jurnal Modernisasi, 5(3), 68-89.
Sumodiningrat, Gunawan, 2004, Kebijakan Pemberdayaan UMKM dan Koperasi dalam Rangka Penguatan Ekonomi Kerakyatan.
Sutrisno. 2003. Manajemen Keuangan. Teori konsep dan aplikasi, edisi pertama EKONISIA. Yogyakarta.
Undang- Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
Published
2023-02-17
How to Cite
Maria Yomianti Poling, Henrikus Herdi, & Paulus Libu Lamawitak. (2023). Analisis Peranan Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan UMKM Pada KSP Kopdit Ikamala. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 105-115. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1153