Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Penjualan Tunai Pada PT Kastara Yasa Mahika Di Yogyakarta

  • Vita Rahayu Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Hasim As’ari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Sistem akuntansi, sistem penerimaan kas, prosedur, PT Kastara Yasa Mahika

Abstract

Sistem Akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa dan menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Sistem akuntansi yang biasa digunakan oleh perusahaan salah satunya adalah sistem penerimaan kas dan pengeluaran kas. Sistem penerimaan kas menangani penerimaan kas yang didapatkan dari penjualan maupun pendapatan jasa, sistem pengeluaran kas menangani pengeluaran kas yang terjadi secara rutin pada sebuah perusahaan. Penerapan sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada perusahaan sangatlah penting, mengingat kas adalah aset yang mudah berubah dibandingkan dengan aset lain, sehingga kas merupakan alat pembayaran yang bebas dan selalu siap sedia untuk digunakan. Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penerimaan kas dari penjualan tunai yang efisien dan dapat diaplikasikan pada PT Kastara Yasa Mahika. Metode penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil temuan yang didapat di PT Kastara Yasa Mahika ini, adalah dokumen-dokumen yang digunakan dalam penerimaan kas belum diotorisasi nama, waktu, dan tanda tangan penerimaan kas seperti menambahkan bukti kas masuk, fungsi akuntansi belum membuat jurnal pembantu (jurnal ipenerimaan ikas), supaya apabila terdapat beberapa cabang baru, akan mempermudah mencari data untuk membuat laporan. Adapun sistem akuntansi penerimaan kas tunai pada PT Kastara Yasa Mahika, yaitu bagian penjualan akan melayani dan menerima pesanan pembeli, bagian kasir melakukan input data pembelian ke aplikasi kasir yaitu POS Majo, pesanan diserahkan kepada pembeli beserta nota atas transaksi yang telah dilakukan. Bagian Akuntansi melakukan pencatatan penjualan dan pendapatan harian kedalam jurnal umum, setelah selama satu periode bagian akuntansi membuat laporan keuangan per bulan

References

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi Edisi Empat Cetakan Kelima. Dalam Sistem Akuntansi Edisi Empat Cetakan Kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Rosiana, L. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas dari Penjualan Tunai Menggunakan Microsoft Visual Basic 2015 pada Apotek Adli Banjarmasin. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Tamin, F. (2015). Sistem Akuntansi Penerimaa Kas dari Penjualan Tunai pada UD Aneka Diesel Banjarmasin. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Published
2023-04-06
How to Cite
Vita Rahayu, & Hasim As’ari. (2023). Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Penjualan Tunai Pada PT Kastara Yasa Mahika Di Yogyakarta. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 229-239. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1259