Penggunaan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Siswa: Antara Konsumtif Atau Pendapatan?

Authors

  • Acep Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aida Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amelia Putri Meilani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Moch Fahri Khusaeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahma Jamilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heni Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1283

Keywords:

Penggunaan E-Commerce, Literasi Keuangan, Sikap Konsumtif, Minat Wirausaha

Abstract

Pertumbuhan teknologi dan digitalisasi telah membawa dampak signifikan pada kegiatan ekonomi, terutama dengan meningkatnya popularitas ononlinm sebagai bentuk jual beli online. E-commerce memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen, tetapi dapat menyebabkan sifat konsumtif yang berlebihan, khususnya pada siswa. Sifat konsumtif ini dapat memicu gaya hidup hedonisme dan buruknya manajemen keuangan pada siswa. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya memprioritaskan kebutuhan dan pengelolaan keuangan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami pemahaman siswa tentang e-commerce dan literasi keuangan serta kaitannya dengan sikap konsumtif siswa dan minat wirausaha siswa dalam menggunakan e-commerce. Kuesioner disebarkan melalui Google Form kepada siswa SMA/SMK sederajat. Pertanyaan dalam kuesioner mencakup pengetahuan penggunaan e-commerce, tingkat literasi keuangan siswa, sikap konsumtif dan pengaturan keuangan, serta minat wirausaha dalam menggunakan e-commerce. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce banyak digunakan oleh siswa SMA/SMK sederajat dalam kegiatan konsumsi, terutama melalui platform Shopee. Namun, penggunaan e-commerce tidak berpengaruh pada sikap konsumtif siswa karena mereka lebih membeli barang sesuai kebutuhan. Akan tetapi, penggunaan e-commerce berpengaruh pada minat berwirausaha siswa karena mudah diakses dan efektif. Tingkat literasi keuangan siswa berada pada kategori sedang dan siswa memiliki pemahaman dalam mengelola dan mengatur keuangannya dengan baik, sehingga cenderung tidak bertindak konsumtif dalam aktivitas konsumsinya. Literasi keuangan siswa yang baik juga menumbuhkan minat wirausaha.

References

Agustina, Rika, Zainudin, M., & Mujahidin, Ali. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan TIngkat Pendapatan Organ TUa Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, (1), 1–11.
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, (June), 10. Retrieved from apji.or.id
Artheswara, Lana Ciarna, & Sulistiawati, Asri. (2020). Tingkat Penggunaan E-Commerce pada Remaja di Kota dan Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(4), 441. https://doi.org/10.29244/jskpm.4.4.441-452
Fauziyah, Mona, & Handayani, Sri. (2020). Pengaruh Intensitas Pemanfaatan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Siswa Di SMA Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 76–83. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p076
Huang, H. C., & Chen, M. F. (2010). The Impact of Online Shopping Experience on Risk Preceptions and Online Purchase Intentions : An Empirical study. Journal of Risk Research, 251–267.
Laura, Novia. (2018). Analisis Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Uang Saku Siswa di SMA Negeri 1 Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan.
Leni Gustina, Welia Novita, Yohan Triadi. (2022). Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 4(1), 152–161. Retrieved from http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/392/228\
Lestarina, Eni, Karimah, Hasnah, Febrianti, Nia, Ranny, Ranny, & Herlina, Desi. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000
Mauludin, M. Soleh, Saputra, Adnan Dewa, Sari, Anggi Zulfika, & Munawaroh, Itatul. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1). Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Park, C. W., & Kim, Y. G. (2003). Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Behavior In An Online Shopping Context. International Journal Of Retail & Distribution Management, 16–29.
Populix. (2020). Tren Belanja Online Masyarakat Indonesia. Retrieved from https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia/#:~:text=Menurut hasil riset Populix%2C intensitas,ke tiga dengan perolehan 18%25
Rahmidani, Rose. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 5(1), 345–352. Retrieved from http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-at-media/133/2012-pengguna-internet-di-indonesia-
Rehatalanit, Y. L. .. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. Retrieved from https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764
Rofik, Mohammad, & Khamainy, Arief Hidayatullah. (2021). Pelatihan Penggunaan Platform E-Commerce Guna Menarik Minat Siswa Berwirausaha (Pelatihan Bagi Siswa Kelas 3 MA ASWAJ Ambunten). ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 127–136.
Rohini, Desti. (2018). Pengaruh Belanja Online di Media Sosial Terhadap Perilaku
Konsumtif Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah Imogiri Bantul. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31905/1/1372001_BAB-I_V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Seprina, Lin, Suroyo, Heri, & Komalasari, Dinny. (2018). Pengaruh Efektivitas Penggunaan E- Commerce Pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa Smk Bina Jaya Palembang. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(2), 2089–0265.
Simbolon, Laurensius Arliman. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE PADA SISWA/SISWI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Ensiklopedia of Journal, 2(3), 179–185.
Srigustini, Astri, & Aisyah, Iis. (2021). Measurement of Financial Literacy As Basic Literacy in 21St Century Economic Learning. 108–113.
Verena, Deborah., Bambang Sugiarto., Wijaya, & Fery. (2023). PENDIDIKAN , TINGKAT PENDAPATAN DAN KEPEMILIKAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA TRANSAKSI E-COMMERCE Pendahuluan disediakan juga beragam , mulai dari contohnya menunjukkan. 4(1), 24–41.
Wardhani, Fitriana Kusuma, Gofur, Abdul, & Wurianto, Arif Budi. (2020). Adoption o E-commerce Among High School Students in Indonesia. Journal of Economics, Bussines, and Accountancy Ventura, 23, 1–10.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Acep Supriatna, Aida Zahra, Amelia Putri Meilani, Khusaeni, M. F., Rahma Jamilah, Rama Wijaya Abdul Rozak, & Heni Mulyani. (2023). Penggunaan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Siswa: Antara Konsumtif Atau Pendapatan?. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 280–296. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1283