Indikasi Perusahaan BUMN Melakukan Penghindaran Pajak

  • Hafez Sadam Asturbewa Universitas Lampung
  • Reni Oktavia Universitas Lampung
Keywords: BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pajak, Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh Z-Score,Leverage,ROA,Firm Size Terhadap tax avoidance. Yang mana diketahui bahwa banyak sekali perusahaan-perusahaan melakukan penghindaran pajak yang mana ini bertujuan untuk menguntungkan perusahaan itu sendiri. Penghindaran pajak tidak selamanya ilegal atau dilarang ada juga penghindaran pajak yang legal dilakukan selama tidak melanggar undang-undang yang berlaku. Meskipun demikian terdapat banyak perusahaan yang melakukan indikasi penghindaran pajak, tak luput dengan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang meskipun di bawah naungan pemerintah masih ada dari pihak internal manajer melakukan praktek penghindaran pajak. Penelitian ini menggunakan data yang diambil di Annual Report dan laporan keuangan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2020.  Yang mana populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)  yaitu sebanyak 24 perusahaan BUMN. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Serta Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian menggunakan uji-f dan uji-t.

References

Agusti, Wirna Yola. (2014). “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance”. Universitas Negeri Padang.
Aisyah, R., Soekardan, S. E. D., & Msi, A. K. (2022). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor …. Repository.Unpas.Ac.Id. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/56459/.
Anggoro, Stevanus Tri. (2015). “Analisis Pengaruh Perilaku Penghindaran Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderating”. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Arieftiara, Dianwicaksih., Ratna Wardhani, Dan Ning Rahayu., (2013). “Analisis Pengaruh Strategi Bisnis Terhadap Pengindaran Pajak, Bukti Empiris Di Indonesia”. Universitas Indonesia.
Batmomolin, S. (2018). Pengaruh Leverage, Firm Size, Intensitas Aset Tetap dan Intensitas Persediaan terhadap Tarif Pajak Efektif (pada Perusahaan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek …. repository.uki.ac.id. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5750.
Brigham, Eugene F & Daves, Philip R. (2003). Intermediate Financial Management. USA: Thompson South Western.
Cahyono, Deddy Dyas., Rita Andini, dan Kharis Raharjo., (2016). “Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komesaris, Ukuran Perusahaan (Zise), Leverage (DER), dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Perbankan yang Listing BEI Periode Tahun 2011 – 2013”. Journal of Accounting, Vol. 2 No.2.
Erly Suandy. (2011). Perencanaan Pajak, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.
Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Darmawan dan Sukartha, (2014). “Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Leverage, Return On Assets dan Ukuran Perusahaan Pada Penghindaran Pajak. “ ISSN : 2302 – 8556.
Dewinta, Ida Ayu Rosa., dan Putu Ery Setiawan., (2016). ”Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 14, No. 3
Fitriyani. (2001). Signifikansi Perbedaan Tingkat Kelengkapan Wajib dan Sukarela pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.Simposium Nasional Akuntansi IV.
Gamayuni. (2011). Analisis Ketepatan Model Altman Sebagai Alat Untuk Memprediksi Kebangkrutan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 16 No 2, Juli.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.Desember 2011.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Mamduh. M., Halim, Abdul. (2016). Analisis Laporan Keuangan Edisi ke5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Kalbuana, N., Purwanti, T., & Agustin, N. H. (2017). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Beban Pajak Tangguhan, Dan Tingkat Pajak Efektif Terhadap Penghindaran Pajak Di Indonesia. In Magistra. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id.Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=604097&Val=6820&Title=Pengaruh kepemilikan manajerial beban pajak Tangguhan dan tangkat pajak efektif terhadap Penghindaran pajak di Indonesia
Machfoedz, Mas’ud. (1994). “Financial Ratio analysis and The Prediction of Earnings Change in Indonesia”. Kelola, Gadjah Mada University Business Review, No. 7/III/1994: 114 – 137.
Mardiasmo. dan Makhfatih, (2005), Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, ANDI, Yogyakarta
Mustikasari, E. A. (2022). Pengaruh Intensitas Aset Tetap, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance Dengan Pertumbuhan Penjualan Sebagai …. Eprints.Umpo.Ac.Id. Http://Eprints.Umpo.Ac.Id/8655/.
Neno, N., & Irawati, W. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Dan Corporate Governance Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi Barelang.https://forum.upbatam.ac.id/index.php/jab/article/view/5499
Palan, Ronen. (2008). Tax havens and the commercialization of state sovereignty. Cornell University Press. International Organization.
Rachmawati, Andri., dan Hanung Triatmoko., (2007). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) X. Makassar
Rudianto. (2013). Ekonomi, Jakarta Timur: Erlangga. Aulia Pohan. 2011. Strategi dan Implementasi di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers.
Safitri, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Repository .Umsu .Ac .Id.
Sibarani, V. W. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Pembayaran Pajak Penghasilan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek …. Repository.Uhn.Ac.Id. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/6304.
Siregar, Rifka., dan Dini Widyawati., (2016). “Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Jurnal Ilmu Akuntansi, Vol. 5, No. 2.
Sjahril, R. F., Yasa, I. N., & Ketut, G. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Pajak Efektif Pada Wajib Pajak Badan. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Hal.
Sjahril, R. F., Yasa, I. N. P., & Dewi, G. A. K. R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Pajak Efektif Pada Wajib Pajak Badan (Studi Perusahaan Real Estate & Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 11, 1–10.
Sjahril, R. F., Yasa, I. N., & Ketut, G. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Pajak Efektif Pada Wajib Pajak Badan. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Hal.
Sumantri, I. I., & Indradi, D. (2020). Analisis Penghindaran Pajak dengan Pendekatan Financial Distress dan Profitabilitas. Journal of Applied Managerial …. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMA/article/view/2320
Taufik, Muhammad dan Muliana (2021). Pengaruh Financial Distress Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks LQ45. Dalam Conferense on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, Vol. 1 No 1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. (2007).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2004, tentang kebangkrutan
Waluyo. (2012). Akuntansi Pajak Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Wardani, D. K., & Khoiriyah, D. (2018). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. In Akuntansi Dewantara. Core.Ac.Uk. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/230381863.Pdf.
Published
2023-04-18
How to Cite
Hafez Sadam Asturbewa, & Reni Oktavia. (2023). Indikasi Perusahaan BUMN Melakukan Penghindaran Pajak. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 263-279. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1296