FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA

  • Nilna Syifa Zahro Universitas Tidar
  • Yolanda Afri Liyani Universitas Tidar
  • Herlina Manurung Universitas Tidar
Keywords: Transparansi, Akuntabilitas, Pengelolaan Dana Desa

Abstract

Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintahan desa telah mendapatkan alokasi dana desa. Salah satu sumber pendapatan desa adalah alokasi dana desa yang merupakan bagian dari dana perimbangan kabupaten/kota. Oleh karena itu, pengelolaan dana desa harus mengikuti prinsip pengelolaan keuangan negara, yaitu harus transparan dan akuntabel. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kualitas sumber daya manusia, pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan partisipasi masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi studi kepustakaan untuk memperoleh pemahaman tentang interpretasi nilai transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, data sekunder juga digunakan dalam penelitian ini, yang diperoleh dalam bentuk olahan dari pemerintah desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di desa sebenarnya tidak memaknai transparansi dan akuntabilitas dengan standar yang tinggi. Mereka lebih menekankan pada nilai gotong royong dalam mewujudkan transparansi melalui partisipasi dari seluruh unsur desa dalam pengelolaan dana desa. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk mencapai pengelolaan keuangan desa yang akuntabel, diperlukan SDM yang berkualitas, Badan Permusyawaratan Desa yang melakukan pengawasan dengan baik, serta melibatkan masyarakat dalam rapat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa secara transparan dan akuntabel.

References

Adi, I, R. (2007). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press.
Dewi, & Gayatri. (2019). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. E-Jurnal Akuntansi, 1269–1298.
Harafonna, C., & Indriani , M. (2019). Pengaruh Sistem Keuangan Desa terhadap Akuntabilitas dengan Pengelolaan Keuangan Sebagai Variabel Intervening . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 359-373.
Puspawijaya, A., & Siregar, J. (2016). Pengelolaan Keuangan Desa. Bogor: Pusdiklatwas BPKP.
Ramadhania, S., & Novianty, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Ramadhania, S., & Novianty, I. (2020, September). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Akuntabilitas KinerIn Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 807-813.
Sapartiningsih, S. (2018). Analisis Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Partisipasi Penganggaran Dan Pengawasan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 100-114.
Saragih, N., & Kurnia, D. (2018). Pengaruh Perangkat Desa Dan Sistem Akuntansi Keuangan Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Serang. Juma Unsera: Jurnal Universitas Serang Raya, 1-9.
Umaira, A. (2019). Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Pengawasan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Kabupaten Aceh Barat Daya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 471-481.
Yuliansyah, R. (2016). Akuntansi Desa. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2023-06-06
How to Cite
Nilna Syifa Zahro, Yolanda Afri Liyani, & Herlina Manurung. (2023). FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(3), 96-104. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i3.1497