ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Tegal Periode 2020 - 2022)

  • Anhesa Rinta Deidrayanti Putri Universitas Tidar
  • Ratna Sefitriya Universitas Tidar
  • Risma Wira Bharata Universitas Tidar
Keywords: Pemerintah Daerah, Kinerja Keuangan

Abstract

Pemerintah daerah sebagai pihak yang diberi wewenang menjalankan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat, serta berkewajiban untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan daerahnya dalam bentuk laporan keuangan yang disusun berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 1 tentang Penyajian Laporan Keuangan. Pemeriksaan internal pelaksanaan keuangan yang ada di daerah selain mengawasi urusan kas atau uang, juga mengawasi penerapan rencana, kegiatan dan pengelolaan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah daerah melalui efektifitas dan efektivitasnya yang selanjutnya dapat mempengaruhi kesehatan dan kinerja keuangan daerah. Pemantauan ini dapat dilakukan oleh otoritas di bidangnya untuk laporan pelaksanaan anggaran yang transparan dan akurat. Sampel pada penelitian ini yaitu laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tegal periode 2020 hingga 2022 dengan menggunakan metode analisis deskriptif, dimana dengan menghitung rasio-rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan pemerintahan. Pada rasio desentralisasi fiskal Pemerintah Kabupaten Tegal menunjukkan bahwa pemerintah daerah tersebut belum masuk dalam kategori sebagai daerah yang mandiri dikarenakan pada hasil perhitungan rasio tersebut terlihat bahwa rasio desentralisasi fiskal mengalami fluktuasi setiap tahunnya dan rata-ratanya berada pada kategori rendah, ini dapat diartikan bahwa pemerintah daerah belum mampu mengelola sumber-sumber Pendapatan Asli Daerahnya dengan baik.

References

23, U.-U. N. (2014). Pemerintah Daerah. Undang-Undang Republik Indonesia, 2(1).
Pramono, J. (2014). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah . Jurnal Ilmiah Among Makarti, 7,83-112.
Susanto, H. (2019). Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Mataram . Distribusi-Journal of Management and Business, 7(1), 81-92.
Yulinchton, M. R., Ariani, M. N., & Triwahyuningtyas, N. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kabipaten Tegal Periode 2016-2019). Jurnal Maksipreneur, 303-314.
Published
2023-06-08
How to Cite
Anhesa Rinta Deidrayanti Putri, Ratna Sefitriya, & Risma Wira Bharata. (2023). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Tegal Periode 2020 - 2022). Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(3), 219-228. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i3.1520