Pengaruh Keputusan Investasi, Profitabilitas, Likuiditas, serta Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan
(Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Olahan & Minuman yang terdaftar di BEI Periode 2019-2023)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumia.v3i2.3835Keywords:
Capital Structure, Investment Decisions, Liquidity, ProfitabilityAbstract
This study aims to determine the effect of investment decisions, profitability, liquidity, and capital structure on firm value, and to analyze investment decisions, profitability, liquidity, and capital structure on firm value. The population in this study are processed food and beverage sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the financial statements for the 2019-2023 period. The sampling technique in this study used purposive sampling method and obtained a sample of 31 companies. The analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS software version 22.0. The results of this study indicate that investment decisions have a significant effect on Firm Value, Profitability has a significant effect on Firm Value, Liquidity has no significant effect on Firm Value, and Capital Structure has a significant effect on Firm Value.
References
Alifian, D., & Susilo, D. E. (2024). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Owner, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1914
Apriyanti, H., Rafidah, & Ningsih, P. A. (2023). Pengaruh keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (Studi perusahaan manufaktur sektor pertanian subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2016–2021). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(1), 5–23.
Dhea Abdillah, & Ali, H. (2024). Pengaruh likuiditas, struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(4), 787–794. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2077
Eka, Jasman, & Asriany. (2023). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2021. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(1), 396–409.
Gaol, E. V. L. (n.d.). Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Hadi, N., & Budiman, J. (2023). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 7(2), 160–168. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.16213
Heliani, Nur Hidayah K. F., & Meutia Riany. (2023). Analisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i1.177
Indriasari, D., Widodo, E., & Widuri, T. (2023). Pengaruh LTDER, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. JCM (Jurnal Cendekia Manajemen), 1(3), 22–37. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jcm
Khasana, F. A., & Triyonowati. (2019). Pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan property and real estate di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(1), 1–19.
Mediyanti, S., Indah, M., Astuti, I. N., Eliana, E., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh kebijakan hutang, keputusan investasi dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Periode 2017–2020). BISMA Cendekia, 2(3), 163–172. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.98
Mohammad, W., Lusiana, C., Azizah, S. N., & Mahdi. (2023). Pengaruh goodwill, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah, 1(1), 44–53.
Permatasari, I., & Ratnaningsih, S. D. A. (2023). Pengaruh goodwill, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 10(3), 2048–2058. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.51541
Rizkiwati, N., & Anwar, M. (2023). Pengaruh keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan food & beverage yang terdaftar di BEI. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 3271–3282. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.3804
Santi, K. K., & Sudarsi, S. (2024). Pengaruh likuiditas, profitabilitas, leverage dan aktivitas terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2022). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(1), 146–158.
Sari, D. S., Mutia, A., & Sudharyati, N. (2024). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1707. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5062
Sari, K. W., & Sudarsi, S. (2024). Pengaruh struktur modal, keputusan investasi, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2019–2022. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(1), 564. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1707
Supandi, A., & Goenawan, Y. A. (2023). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening (Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar pada IDX 30). Journal Intelektual, 2(2), 116–125. https://ejournal.stieppi.ac.id/index.php/jin/116
Ummah, M. S. (2019). Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada kondisi kedaruratan pandemi COVID-19. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Wijaya, N. S., & Fitriati, I. R. (2022). Pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(12), 5606–5616. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.1870
Yudha, A. M., Yamasitha, Y., Petra, B. A., & Ramadhan, M. F. (2021). Analisis pengaruh keputusan investasi, leverage, dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 461–471. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1689
Yusmaniarti, Y., Sumarlan, A., Astuti, B., & Ananda, N. A. (2023). Pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi corporate social responsibility. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 641–652. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3300